Penulis Utama : Elyariza Devy Aulia Firdaus
NIM / NIP : C0214025
×

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana  realisasi tindak tutur direktif yang terdapat dalam acara talk show Sarah Sechan? dan (2) bagaimana penggunaan strategi kesantunan yang digunakan dalam acara talk show Sarah Sechan? 
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan realisasi tindak tutur direktif yang terdapat dalam acara talk show Sarah Sechan dan (2) mendeskripsikan strategi kesantunan yang digunakan dalam acara talk show Sarah Sechan. 
Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan pragmatik. Sumber data dalam penelitian ini adalah acara talk show Sarah Sechan. Data dalam penelitian ini adalah dialog percakapan yang didalamnya terdapat tuturan-tuturan yang mengandung tindak tutur direktif dan strategi kesantunan dalam acara talk show Sarah Sechan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik lanjutan teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan teknik catat. Metode penyajian hasil analisis data dalam penelitian dengan menggunakan metode analisis kontekstual.  

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Tindak Tutur Direktif  yang ditemukan meliputi tindak tutur menyuruh, tindak tutur melarang, tindak tutur mengizinkan, tindak tutur meminta, tindak tutur mengajak, dan tindak tutur menyarankan. Tindak tutur direktif yang paling banyak ditemukan adalah tindak  tutur menyuruh. Tindak tutur direktif yang paling sedikit ditemukan adalah tindak tutur menyarankan. Sementara itu, strategi kesantunan yang ditemukan meliputi strategi kesantunan positif, strategi kesantunan negatif, strategi kesantunan samarsamar,  dan ditemukan pula gabungan dua strategi kesantunan negatif, yaitu strategi kesantunan negatif berikan penghormatan kepada mitra tutur dan impersonal. Strategi kesantunan yang paling banyak ditemukan adalah strategi tanpa basa-basi. Strategi kesantunan yang paling sedikit ditemukan adalah gabungan dua strategi kesantunan negatif. 

Kata kunci: Tindak Tutur Direktif, Strategi Kesantunan, Pragmatik 

×
Penulis Utama : Elyariza Devy Aulia Firdaus
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0214025
Tahun : 2020
Judul : Tindak Tutur Direktif dan Strategi Kesantunan dalam Acara Talk Show Sarah Sechan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2020
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi : 226 p. ; ilus.; tab.; bib.; 28 cm.
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya, Program Studi Sastra Indonesia-C0214025-2020
Kata Kunci : Tindak Tutur Direktif, Strategi Kesantunan, Pragmatik
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Miftah Nugroho, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.