Penulis Utama : Roni
NIM / NIP : C0213059
×

Permasalahan yang dibahas dalam  penelitian ini yaitu (1) Bagaimana wujud tindak tutur direktif di situs Lapor (2) Bagaimana wujud tindak tutur ekspresif di situs Lapor (3) Bagaimana wujud realisasi strategi kesantunan di situs Lapor?
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan wujud tindak tutur direktif di situs Lapor, (2) mendeskripsikan wujud tindak tutur ekspresif di situs Lapor, (3) mendeskripsikan wujud realisasi strategi kesantunan di situs Lapor.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatik. Sumber  data  penelitian  ini  adalah  situs  Lapor.  Data  yang  digunakan  adalah laporan dan tindak lanjut laporan yang mengandung tuturan direktif dan ekspresif serta kesantunan berbahasa di situs Lapor selama bulan Juli 2017. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah metode pustaka dan metode simak dengan teknik catat. Metode analisis data menggunakan metode padan pragmatis, kontekstual,  cara-tujuan  (means-end),  dan  heuristik.  Teknik  penyajian  hasil analisis data menggunakan penyajian informal.
Dari analisis yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan tiga hal yaitu : (1) tindak tutur direktif meliputi dua belas subtindak tutur, dari hasil analisis yang dilakukan, Tindak tutur direktif   memohon merupakan tindak tutur yang paling banyak ditemukan. Hal tersebut karena pelapor ingin agar apa yang diinginkan benar-benar ditanggapi, (2) tindak tutur ekspresif meliputi empat belas subtindak tutur, tindak tutur ekspresif berterima kasih merupakan tindak tutur yang paling banyak ditemukan. Hal tersebut karena sebagai bentuk sopan santun dan penghormatan dari terlapor karena pelapor telah mengirimkan laporannya, (3) Ditemukan empat strategi kesantunan berbahasa dan strategi kesantunan  yang paling digunakan adalah strategi tanpa basa-basi (bald on record). Hal ini karena pelapor membutuhkan informasi atau penanganan yang cepat   jika terjadi suatu kasus dan terlapor menginginkan komunikasi efektif agar keterbacaan informasi di situs Lapor tinggi.

Kata kunci: pragmatik, tindak tutur, direktif, ekspresif, strategi kesantunan, situs
Lapor

 

×
Penulis Utama : Roni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0213059
Tahun : 2019
Judul : Tindak tutur direktif, ekspresif, dan strategi kesantunan di situs lapor.
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Prodi Sasindo-C0213059-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Hesti Widyastuti, M.Hum
2. Dr. Dwi Purnanto, M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.