Penulis Utama : Aisyah Nur Hanifah
NIM / NIP : S862002002
×

Aisyah Nur Hanifah. S862002002. Pengembangan Digital Book Sejarah Lokal Upacara Adat Belian melalui Pendekatan Humanistik untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah peserta didik SMA di Kota Pangkalan Kerinci. Tesis. Pembimbing : Prof.Dr.Muhammad Akhyar, M.Pd. Kopembimbing : Dr. Musa Pelu, S.Pd, M.Pd. Program Studi Magister Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

ABSTRAK

Penelitin ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan model pembelajaran sejarah lokal yang selama ini diterapkan di SMA Negeri 1 Pangkalan Kerinci, SMA Negeri 2 Pangkalan Kerinci, dan SMA Negeri Bernas Pangkalan Kerinci, 2) menganalisis kelayakan digital book sejarah lokal upacara adat Belian untuk meningkatkan kesadaran sejarah peserta didik SMA di kota Pangkalan Kerinci. (3) mendeskripsikan keefektifan pengembangan model pembelajaran digital book sejarah lokal upacara adat Belian melalui Discovery learning dan Pendekatan Humanistik untuk menumbuhkan kesadaran sejarah siswa SMA di kota Pangkalan Kerinci, 4) mendeskripsikan keunggulan dari menggunakan media pembelajaran digital book upacara adat Belian dibandingkan digital book sejarh lainnya. Penelitian pengembangan model pembelajaran sejarah lokal upacara adat Belian menggunakan prosedur Borg and Gall dengan 6 tahap yaitu : 1) melakukan pendahuluan (Prasurvei), 2) melakukan perencanaan, 3) mengembangkan jenis atau bentuk produk awal, 4) melakukan uji ahli (expert judgment), 5) melakukan revisi terhadap produk utama, 6)melakukan uji coba terbatas, 7)uji coba lapangan , 8) melakukan revisi final. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sensus, yaitu mengambil sampel dari jumlah populasi peserta didik. Model penelitian yang digunakan adalah Discovery Learning dan pendekatan Humanistik.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa : 1) model pembelajaran sejarah yang digunakan di SMAN 1 Pangkalan Kerinci, SMAN 2 Pangkalan Kerinci, dan SMAN Bernas Pangkalan Kerinci masih konvensional, 2) minimnya sikap peserta didik dalam mengilhami niali-nilai kesadaran sejarah lokal upacara adat Belian, 3) model pembelajaran sejarah yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat baik dinjau dari penilaian oleh pihak validator terhadap isi dan mater terhadapp kualitas metode, kelengkapan bahan-bahan penunjang, kredibilitas dan relevansi sumber, dan model pembelajaran digital book upacara adat Belian yang dihasilkan. 4) meningkatkan kesadaran sejarah peserta didik SMA dengan digital book upacara adat Belian melalui Discovery Learning efektif berdasaran hasil uji statistik nilai signifikansi 0,000<0>14,609 (t tabel) dengan probabilitas 0,05 maka dapat disebutkan bahwa terjadi kefektifan dalam penggunaan pengembangan model pembelajaran sejarah lokal upacara adat Belian melalui Discovery Leaning dan Pendekatan Humanistik untuk menumbuhkan kesadaran sejarah peserta didik.

 

Kata kunci : Kesadaran Sejarah, Upacara Adat Belian, Buku Digital, Discovery Learning, Pendekatan Humanistik.

×
Penulis Utama : Aisyah Nur Hanifah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S862002002
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Digital Book Sejarah Lokal Upacara Adat Belian melalui Pendekatan Humanistik untuk Meningkatkan Kesadaran Sejarah Peserta Didik SMA di Kota Pangkalanan Kerinci
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : .
Kata Kunci : Kesadaran Sejarah, Upacara Adat Belian, Buku Digital, Discovery Learning, Pendekatan Humanistik.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr.Muhammad Akhyar,M.Pd
2. Dr. Musa Pelu, S.Pd, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd
2. Dr. Heronymus Purwanta, M.A
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.