Penulis Utama : Rielo Pambudhi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6417062
Tahun : 2022
Judul : Implementasi Program Generasi Berencana Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) Cakra UNS dalam UpayaPemenuhan Hak Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) Kesehatan Reproduksi bagi Remaja di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Kolasi :
Sumber : .
Subyek :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Rielo Pambudhi. K6417062. IMPLEMENTASI PROGRAM GENERASI BERENCANA PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIK-R) CAKRA UNS DALAM UPAYA PEMENUHAN HAK KOMUNIKASI, INFORMASI, DAN EDUKASI (KIE) KESEHATAN REPRODUKSI BAGI REMAJA DI KOTA SURAKARTA. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, September 2021.

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi kebijakan program Genre dalam upaya pemenuhan hak KIE kesehatan reproduksi bagi remaja di Kota Surakarta. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi program Genre oleh PIK-R Cakra, UNS dalam upaya pemenuhan hak KIE kesehatan reproduksi bagi remaja di Kota Surakarta.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah informan, peristiwa atau aktivitas, dan dokumen. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dan penyusunan data melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Peneliti menggunakan triangulasi data dan triangulasi metode untuk mendapatkan data yang valid. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model interaktif yaitu: (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) sajian data (4) penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian ini mengikuti langkah-langkah berikut: (1) pra lapangan, (2) pelaksanaan lapangan, (3) analisis lapangan, dan (4) penyusunan laporan penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan: Implementasi program Genre PIK-R Cakra, UNS dalam upaya pemenuhan hak KIE kesehatan reproduksi bagi remaja di Kota Surakarta sudah berjalan dengan baik, sesuai dengan buku pedoman pelaksanaan program Genre oleh PIK-R yang diterbitkan oleh BKKBN. Rangkaian kegiatan dalam rangka upaya pemenuhan hak KIE kesehatan reproduksi tersebut yaitu: Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya (PSKS), Duta Genre, Halo PIK, Webiner, PIK-R Binaan, Hari Aids Sedunia (HAS), Tahukah Kamu?,  Indonesia Young Leader Summit (ILYS). Faktor yang mempengaruhi implementasi program Genre yang dilaksanakan PIK-R Caka, UNS, sebagai berikut: faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program Genre yang dilaksanakan oleh PIK-R Cakra, UNS, faktor pendukung: sumber daya manusia (SDM) yang memadai, operasional program yang baik, dan lingkungan yang suportif. Sedangkan faktor penghambat: kebijakan pembatasan kegiatan masyarakat akibat dari adanya pandemi Covid-19.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran Perpus.pdf
Daftar Pustaka Perpus.pdf
BAB V Perpus.pdf
BAB IV Perpus.pdf
BAB III Perpus.pdf
BAB II Perpus.pdf
Cover - Daftar isi.pdf
BAB I Perpus.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Dewi Gunawati, S.H., M. Hum.
2. Yudi Ariana, S.H., M.H.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP