Penulis Utama : Suci Pratimi
NIM / NIP : D0215097
×

Suci Pratimi. D0215097. 2015. Pola Komunikasi dan Interaksi Dalam Menghadapi Gegar Budaya Pada Adaptasi Mahasiswa Asing di Universitas Sebelas Maret Surakarta (Studi Kasus terhadap Mahasiswa Asing yyang bukan berasal dari Negara berbahasa Inggris di Universitas sebelas Maret Dtinjau dari Lingkungan Sosial)”. Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

Mahasiswa asing yang yang sedang berkuliah di Universitas Sebelas Maret tentu dipengaruhi oleh latar belakang negara dan budaya yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi, masalah gegar budaya serta proses adaptasi yang dihadapi oleh mahasiswa asing untuk mencapai komunikasi antarbudaya yang efektif. Mahasiswa asing yang diteliti merupakan mahasiswa yang berasal bukan dari negara berbahasa Inggris. 

Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode atau pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara daring, pertanyaan disusun secara sistematis dan observasi. Narasumber dipilih berdasarkan latar belakang negaranya dimana negara mereka tidak menggunakan bahasa Inggris. Narasumber terdiri dari tiga orang mahasiswa Yaitu Akihito Fujiwara yang berasal dari Jepang, Irene Arson Zoarinala Faratina dari Madagaskar, dan Margarita Olegovna Naini dari Russia. Dalam penelitian ini membahas bagaimana komunikasi antarbudaya terjadi ketika mahasiswa asing datang dan menetap di Indonesia, Universitas Sebelas Maret. 

Hasil dari penelitan ini menyimuplkan bahwa belajar keluar negeri bukanlah suatu hal yang baru atau asing di masa sekarang, mahasiswa asing yang belajar di Indonesia tentu akan mengalami pola komunikasi primer, gegar budaya, keharusan untuk beradaptasi di lingkungan yang baru, mengenal sosial, budaya, dan sebagainya.  Mahasiswa asing  memiliki strategi masing-masing dalam menghadapi proses adaptasi, seperti toleransi, sikap positif, dan aktif bersosial.

×
Penulis Utama : Suci Pratimi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0215097
Tahun : 2021
Judul : Pola Komunikasi dan Interaksi dalam Menghadapi Gegar Budaya pada Adaptasi Mahasiswa Asing di Universitas Sebelas Maret Surakarta
Edisi :
Imprint : Bogor - Fak. ISIP - 2021
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : .
Kata Kunci : Gegar Budaya, Mahasiswa Asing, Komunikasi Antarbudaya
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Kata kunci: Gegar Budaya, Mahasiswa Asing, Komunikasi Antarbudaya
Penguji : 1. Deniawan Tommy Chandra W, S.Sos., M.I.Kom
2. Drs. Christina Tri Hendriyani, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.