Penulis Utama : Isti Sundari
NIM / NIP : S531908030
×

Latar Belakang: Obesitas merupakan faktor risiko utama penyakit kronis yang menyebabkan kematian dini di seluruh dunia. Penggunaan obat antiobesitas jangka panjang memiliki efek samping seperti peningkatan tekanan darah dan gejala gastrointestinal sehingga diperlukan terapi alternatif. Studi in vivo sebelumnya menunjukkan bahwa Ekstrak Daun Belimbing (EDB) dapat menurunkan Berat Badan (BB) dan profil lipid serta Ekstrak Daun Akar Kucing (EDAK) dapat menurunkan profil lipid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis pemberian kombinasi EDB dan EDAK terhadap BB, profil lipid, dan ekspresi reseptor leptin di hipokampus pada tikus model obesitas.

Metode Penelitian: Tiga puluh enam ekor tikus Wistar jantan, berumur 5 minggu dan memiliki BB 100-150 g dibagi secara acak menjadi 6 kelompok yaitu Normal (N), Kontrol Negatif (KN) tanpa perlakuan, Kontrol Positif (KP) yang diberikan orlistat 12,3 mg/kgBB/hari, dan Terapi (T) 1-3 yang diberikan kombinasi EDB dan EDAK dengan dosis 250:300, 500:200, dan 750:100 mg/kgBB/hari selama 35 hari. Tikus pada KN, KP, dan T1-3 diinduksi dengan diet tinggi lemak dan larutan fruktosa 10% secara ad libitum selama 30 hari. Berat badan dan panjang badan tikus diukur setiap 7 hari. Profil lipid serum diukur dengan spektrofotometer dan ekspresi reseptor leptin diperiksa dengan metode imunohistokimia. Data dianalisis menggunakan paired t-test kemudian dengan uji One Way Analysis of Variance (ANOVA) dan uji repeated measures ANOVA yang dilanjutkan dengan uji post hoc.

Hasil Penelitian: Kelompok T2 memiliki penurunan rerata BB (84,50+2,43 g) lebih tinggi  dibandingkan KP dan T1 dengan p<0 p=0,003. p=0,021. p=0,046. p=0,005.>

Simpulan: Pemberian kombinasi EDB dan EDAK dosis 500:200 mg/kgBB/hari lebih efektif menurunkan BB dan kolesterol daripada kombinasi lainnya. Kombinasi ekstrak dosis 250:300 mg/kgBB/hari lebih efektif menurunkan LDL, sedangkan dosis 750:100 mg/kgBB/hari lebih minimal menurunkan HDL pada tikus obesitas. Namun, penurunan kadar TG setelah pemberian kombinasi EDB dan EDAK lebih rendah daripada pemberian orlistat. Pemberian kombinasi EDB dan EDAK juga dapat menurunkan ekspresi reseptor leptin di hipokampus.

×
Penulis Utama : Isti Sundari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S531908030
Tahun : 2022
Judul : Pengaruh Pemberian Kombinasi Ekstrak Daun Belimbing dan Daun Akar Kucing terhadap Berat Badan, Profil Lipid, dan Reseptor Leptin pada Tikus Obesitas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Program Studi : S-2 Ilmu Gizi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Ekstrak Daun Belimbing, Ekstrak Daun Akar Kucing, Berat Badan, Profil Lipid, Reseptor Leptin.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dono Indarto, dr., M.Biotech.St., Ph.D., AIFM
2. Paramasari Dirgahayu, Ph.D.
Penguji : 1. Dr. Budiyanti Wiboworini, dr., M.Kes., Sp.GK
2. Dr. Wachid Putranto, dr., Sp.PD-KGH, FINASIM
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.