Penulis Utama : Danan Tricahyono
NIM / NIP : S862002019
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengeksplorasi media yang digunakan dalam pembelajaran sejarah di MAN 2 Tulungagung; 2) mengembangkan peta digital candi Hindu-Buddha di Tulungagung dengan pendekatan konstruktivisme; 3) menganalisis uji efektivitas penggunaan peta digital candi Hindu-Buddha di Tulungagung dengan pendekatan konstruktivisme dalam meningkatakan empati sejarah.

Penelitian pengembangan peta  digital ini menggunakan prosedur Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sukmadinata menjadi 3 tahap yaitu: 1) studi pendahuluan, berisi kegiatan seperti studi pustaka, wawancara, analisis kebutuhan guru dan peserta didik, penyusunan draf awal, 2) pengembangan, berisi kegiatan validasi ahli (materi dan media), uji coba kelompok, 3) uji efektivitas produk, proses uji media peta  digital di kelas eksperimen X IPA 3. Analisis data selama pengembangan menggunakan analisis deskriptif, analisis kelayakan media berdasarkan skor kriteria, dan analisis empati sejarah melalui t-test.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) pembelajaran sejarah di MAN 2 Tulungagung masih menggunakan media konvensional seperti power point, gambar, dan video. Pembelajaran sejarah belum dieksplor secara optimal. Pengaruhnya kemampuan empati sejarah masih perlu ditingkatkan. Berdasarkan analisis kebutuhan diperlukan media peta untuk meningkatkan empati sejarah. Langkah yang dilakukan menyusun draf awal produk dengan mengacu pada kompetensi dasar (KD) dan indikator pencapaian kompetisi (IPK), menyusun materi, membuat storyboard, memproduksi media; 2) pengembangan dengan melakukan validasi ke ahli materi dan ahli media dengan hasil kriteria sangat baik, uji coba kelompok kecil dan terbatas memperoleh kriteria sangat baik serta uji coba kelompok terbatas dengan skor N-Gain 0,29 (terjadi peningkatan dalam kategori rendah) atau dengan kata lain media peta digital dapat meningkatkan empati sejarah, sehingga diperoleh bentuk final model peta  digital. 3) Hasil uji efektivitas produk melalui uji t diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,184 > 1,694 . Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada pengaruh secara signifikan penggunaan media peta digital candi Hindu-Buddha terhadap empati sejarah peserta didik. Skor N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,38 dengan kategori sedang. 

×
Penulis Utama : Danan Tricahyono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S862002019
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Peta Digital Candi Hindu-Buddha dengan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Empati Sejarah Peserta Didik MAN 2 Tulungagung
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : .
Kata Kunci : Peta Digital, Empati Sejarah, Pembelajaran Sejarah, Konstruktivisme
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Akhmad Arif Musadad, M.Pd.
2. Dr. Triana Rejekiningsih, M.Pd.
Penguji : 1. Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd., M.Hum.
2. Dr. Hieronymus Purwanta, M.A.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.