Penulis Utama : Siti Nur Ani
NIM / NIP : K4617112
×

Siti Nur Ani. K4617112. SURVEI TENTANG MINAT MASYARAKAT UNTUK BERSEPEDA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KAWASAN WADUK MULUR KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2021. Skripsi, Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Desember 2021.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar minat masyarakat untuk bersepeda pada masa pandemi Covid-19 di kawasan Waduk Mulur Kabupaten Sukoharjo tahun 2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif yang menggunakan metode survei. Pengambilan data pada penelitian ini diperoleh dengan penyebaran angket secara online melalui google form. Subjek dalam penelitian ini adalah semua masyarakat yang bersepeda di kawasan Waduk Mulur kabupaten Sukoharjo padda hari Minggu pagi di bulan Agustus berjumalh 50 orang responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase.

Hasil analalisis dari penelitian menunjukkan bahwa 76% masyarakat memiliki minat yang sangat tinggi, 20% masyarakat memiliki minat yang tinggi untuk bersepeda pada masa pandemi Covid-19, serta 4% lainnya termasuk dalam kriteria cukup. Masing-masing faktor yang mempengaruhi minat menunjukkan rata-rata persentase sebesar 85% termasuk dalam kriteria sangat tinggi.  Dilihat dari indikator perhatian memperoleh persentase minat sebesar 96% termasuk dalam kriteria tinggi, indikator kesenangan dengan persentase 90% masyarakat termasuk dalam kriteria sangat tinggi, indikator kemauan sebesar 88% masyarakat yang termasuk kriteria tinggi, indikator lingkungan mendapatkan hasil persentase sebesar 88% masyarakat termasuk dalam kriteria tinggi, serta indikator sarana dan prasarana mendapatkan persentase sebesar 98% masyarakat termasuk dalam kriteria tinggi.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah minat masyarakat untuk bersepeda pada masa pandemi Covid-19 cenderung tinggi dengan persentase frekuensi masyarakat sebesar 96% atau 48 orang responden dari total 50 orang responden. Masyarakat berpendapat bahwa dengan bersepeda pada masa pandemi memiliki manfaat yang sangat besar karena pada masa pandemi kesehatan adalah hal utama, maka kesehatan kita harus dijaga agar tubuh dapat terhindar dari paparan virus. Olahraga bersepeda merupakan olahraga alternatif ketika pandemi karena kita masih dapat menerapkan protokol kesehatan yang masih dicanangkan oleh pemerintah demi meminimalisir persebaran virus di masa pandemi Covid-19.

×
Penulis Utama : Siti Nur Ani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4617112
Tahun : 2022
Judul : Survei tentang Minat Masyarakat untuk Bersepeda pada Masa Pandemi Covid-19 di Kawasan Waduk Mulur Kabupaten Sukoharjo Tahun 2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : .
Kata Kunci : minat masyarakat, bersepeda, pandemi covid-19
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd.
2. Tri Winarti Rahayu, S.Pd, M.Or.
Penguji : 1. Drs. Agus Margono, M.Kes.
2. Baskoro Nugroho Putro, S.Pd, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.