Penulis Utama : Rizky Fajar Dzulfikar
NIM / NIP : K5617090
×

ABSTRAK

 

Rizky Fajar Dzulfikar. K5617090. STUDI TENTANG FENOMENA AKTIVITAS OLAHRAGA BOLA BASKET DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA KLUB BASKET SAVAGE WONOGIRI TAHUN 2021, Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Maret 2022.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ; (1) fenomena yang terjadi tentang aktivitas olahraga terhadap Klub Basket SAVAGE di masa saat terjadinya pandemi Covid-19; (2) dampak yang dirasakan oleh pemain Klub Basket SAVAGE dalam melakukan aktivitas olahraga basket di masa saat terjadinya pandemi Covid-19;(3)cara pencegahan dari terpaparnya Covid-19 selama  beraktivitas olahraga basket di Klub Basket SAVAGE.

Penelitian menggunakan Metode Kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pelatih, dan atlet pada Klub Basket SAVAGE Wonogiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan secara langsung mengenai aktivitas olahraga bola basket di masa saat terjadinya pandemi Covid-19 pada Klub Basket SAVAGE Wonogiri. Wawancara dilakukan dengan wawancara terbuka dengan subjek penelitian. Dokumentasi diambil saat melakukan penelitian dilapangan sesuai kebutuhan penelitian. Teknik uji validitas data penelitian menggunakan dua triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, menunjukan bahwa, (1) fenomena yang terjadi pada Klub Basket SAVAGE tentang aktivitas olahraga basket di masa saat terjadinya pandemi Covid-19 ialah meningkatkan skill basket. (2) Dampak yang dirasakan oleh pemain Klub Basket SAVAGE dalam aktivitas olahraga basket di masa saat terjadinya pandemi Covid – 19 ialah latihanya kurang dan dibatasi. (3) Pencegahan dari terpaparnya Covid - 19 selama beraktivitas olahraga basket di Klub Basket SAVAGE ialah pencegahan umum sampai mengikuti prokes, dan pencegahan khususnya melakukan latihan sendiri dirumah.

Kesimpulan penelitian ini ialah (1) Fenomena yang terjadi tentang aktivitas olahraga basket terhadap Klub Basket SAVAGE di masa saat terjadinya pandemi Covid - 19 latihan basket dilakukan dalam seminggu 2 sampai 3 kali, latihan saat terjadinya pandemi untuk meningkatkan imunitas tubuh sehingga tetap terjaga fisiknya, menjaga kesehatan, mengisi waktu luang, mengurangi rasa jenuh, dan meningkatkan skill basket. (2) Dampak yang dirasakan oleh pemain Klub Basket SAVAGE Wonogiri saat berolahraga basket di masa saat terjadinya pandemi Covid-19 ialah latihan basket menjadi terbatas dan tidak rutin mengakibatkan fisik pemain menurun, karena tempat yang dibatasi sehingga saat melakukan latihan pemain kurang bersemangat. (3) Pencegahan umum yang dilakukan pemain Klub Basket SAVAGE Wonogiri dari terpaparnya Covid – 19 bila ada satu atlet yang terkena Covid-19 maka harus isolasi mandiri atau karantina dirumah, dan selama beraktivitas olahraga basket menggunakan prokes dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah latihan basket, memakai masker, untuk prokes khusus Klub SAVAGE dengan latihan sendiri dirumah, dan ketika badan merasa tidak enak atau sedang sakit tidak mengikuti olahraga basket.

Kata kunci: Fenomena, Aktivitas Olahraga Bola Basket, Pandemi Covid-19

×
Penulis Utama : Rizky Fajar Dzulfikar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5617090
Tahun : 2022
Judul : Studi Tentang Fenomena Aktivitas Olahragabola Basket di Masa Pandemi Covid-19 pada Klub Basket Savage Wonogiri Tahun 2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : Fenomena, Aktivitas Olahraga Bola Basket, Pandemi Covid-19
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Tri Aprilijanto Utomo, M.Kes., P.hD.
2. Hendrig Joko Prasetyo, S.Pd., M.Or.
Penguji : 1. Dr. Muhammad Mariyanto, M.Kes.
2. Dr. dr. Intan Suraya Ellyas, M.Or.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.