Penulis Utama : Diya Ayu Pertiwi
NIM / NIP : K4217027
×

ABSTRAK

 

Diya Ayu Pertiwi. K4217027. ANALISIS GAYA BAHASA DAN NILAI MORAL PADA KUMPULAN CERKAK KARYA PAKNE PURI DALAM MAJALAH PANJEBAR SEMANGAT SERTA RELEVANSINYA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA JAWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Oktober 2021.

            Cerkak karya Pakne Puri merupakan wujud gagasan melalui pandangan terhadap lingkungan sosial yang berada di sekelilingnya dengan menggunakan bahasa yang indah, selain itu terdapat penggunaan gaya bahasa dan mengandung nilai-nilai moral yang dapat dipelajari. Namun, dari banyaknya potensi-potensi itu belum ada yang mengkaji masalah gaya bahasa dan nilai moral yang terkandung di dalam cerkak karya Pakne Puri, sehingga peneliti akan menganalisisnya. Berdasarkan hal itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui style (gaya) dari aspek leksikal dan gramatikal serta gaya bahasa yang digunakan dalam cerkak karya Pakne Puri; (2) menganalisis nilai moral yang disampaikan Pakne Puri dalam karyanya; (3) mendeskripsikan relevansi aspek style dan nilai moral terhadap bahan ajar  bahasa Jawa Sekolah Menengah Atas.

            Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian Ini dilaksanakan menggunakan teknik pengumpulan data dengan analisis dokumen. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data dalam penelitian ini berupa data empiris yaitu kutipan-kutipan yang diambil dari kumpulan cerkak karya Pakne Puri dalam majalah Panjebar Semangat. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini berupa dokumen dan informan. Validitas data diperoleh dari teknik triangulasi teori dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan.

            Hasil penelitian ini adalah: (1) analisis mengenai style (gaya) dari aspek leksikal dan gramatikal serta gaya bahasa yang digunakan dalam cerkak karya Pakne Puri; (2) analisis mengenai nilai moral yang ingin disampaikan Pakne Puri ; (3) relevansi aspek style  dan nilai moral terhadap bahan ajar  bahasa Jawa Sekolah Menengah Atas. Nilai-nilai yang terkandung dalam kumpulan cerkak karya Pakne Puri dalam majalah Panjebar Semangat selaras dengan nilai pendidikan karakter bangsa dan sesuai untuk dijadikan sebagai materi ajar bahasa Jawa Sekolah Menengah Atas kelas X.

Kata Kunci: gaya bahasa, nilai pendidikan, materi pembelajaran bahasa Jawa.

 

×
Penulis Utama : Diya Ayu Pertiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4217027
Tahun : 2022
Judul : Analisis Gaya Bahasa Dan Nilai Moral Pada Kumpulan Cerkak Karya Pakne Puri Dalam Majalah Panjebar Semangat Serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Di Sekolah Menengah Atas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci: gaya bahasa, nilai pendidikan, materi pembelajaran bahasa Jawa
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Atikah Anindyarini S.S., M.Hum
2. Favorita Kurwidaria, S.S, M.Hum
Penguji : 1. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd., M.Pd
2. Rahmat, S.S., M.A.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.