Penulis Utama : Tedy Teguh Cahyono
NIM / NIP : K7517067
×

Tedy Teguh Cahyono, PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS AKTIF DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL SUKOHARJO. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. November 2021.

Penelitian ini bertujuan mengetahui: 1) Pengelolaan arsip dinamis aktif di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sukoharjo, 2) Hambatan pada saat proses pengelolaan arsip dinamis aktif di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sukoharjo, dan 3) Solusi yang dilakukan dalam mengatasi hambatan yang ditemui dalam pengelolaan arsip dinamis aktif di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sukoharjo.

Jenis penelitian ini ialah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitan dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sukoharjo. Data penelitian diperoleh dari tempat dan pertistiwa, instrument serta dokumen dan arsip dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Uji Validitas data diperoleh dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif dengan tahapan: 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, dan 4) penarikan kesimpulan. Adapun prosedur penelitian dengan tahapan yang meliputi: 1) tahap persiapan, 2) tahap pengumpulan data, 3) tahap analisis data, 4) tahap kesimpulan, dan 5) tahap penulisan laporan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengelolaan arsip dinamis aktif di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sukoharjo meliputi: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pemeliharaan. 2) pengelolaan arsip dinamis aktif di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sukoharjo terdapat beberapa hambatan diantaranya ialah kurangnya sumber daya manusia, penemuan kembali arsip yang lama, dan kurangnya sarana dan prasarana untuk mendukung pengelolaan arsip dinamis aktif, dan 3) Solusi dalam mengatasi beberapa hambatan yang terdapat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sukoharjo antara lain menambah sumber daya manusia yang sesuai dengan kompetensi arsip, membuat buku agenda khusus untuk semua jenis arsip sesuai klasifikasinya, dan melakukan pengalokasian penganggaran dana untuk menunjang sarana dan prasarana dalam mengelola arsip dinamis aktif.

×
Penulis Utama : Tedy Teguh Cahyono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7517067
Tahun : 2022
Judul : Pengelolaan Arsip Dinamis Aktif di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pengelolaan Arsip, Arsip, Arsip Dinamis Aktif
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Cicilia Dyah Sulistyaningrum Indrawati, M.Pd
2. Dr. Tri Murwaningsih, M.Si
Penguji : 1. Prof. Dr. Wiedy Murtini, M.Pd
2. Tutik Susilowati, S.Sos., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.