Penulis Utama : Annisa Yulia Rianti
NIM / NIP : K5416004
×

ABSTRAK

Rianti, Annisa Yulia. K5416004. ANALISIS FAKTOR RESILIENSI MASYARAKAT TERHADAP BENCANA COVID-19 DI

KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2020. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta, Oktober 2021.

Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui (1) fenomena resiliensi masyarakat Purworejo terhadap bencana pandemi COVID-19 di tahun 2020 dan

(2) faktor yang mempengaruhi resiliensi pada kota, desa, dan pinggiran di Kabupaten Purworejo terhadap bencana pandemi COVID-19 di tahun 2020. Berdasarkan tujuan yang hendak dicapai, penelitian ini menggunakan mixed method. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, studi dokumen, dan observasi dan penggunaan bahan dokumen.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa studi ini memberi informasi fenomena resiliensi di Kabupaten Purworejo dan faktor yang mempengaruhi resiliensi di Kabupaten Purworejo berdasarkan wilayah desa, pinggiran, dan kota. Hasil Fenomena yaitu (1) tiga kecamatan yang menjadi wilayah sampel penelitian menunjukkan fenomena resiliensi dari resiliensi sosial berupa; pemerataan edukasi dan kapasitas komunikasi yang lebih sulit dilakukan di wilayah desa, tetapi jika sudah percaya maka paling taat, terjadinya bencana mempengaruhi kesehatan mental dan sebaaliknya. Resiliensi ekonomi berupa; masyarakat yang terus bertahan memenuhi nafkah keluarga dengan bekerja sebisanya dan akses kesehatan yang dapat mencakup semua wilayah. Resiliensi infrastruktur berupa; ketersediaan faskes dan data penunjang yang sudah tercukupi. Resiliensi modal sosial berupa; keterlibatan sipil yang baik di setiap wilayah dengan ciri khasnya msing-masing, kesukarelawanan yang baik di desa, sedangkan di kota terbilang kurang intimate, begitupun di pinggiraan dengan strata penduduk yang heterogen.

(2) Berdasarkan faktor resiliensi institusi dan modal sosial menunjukan kategori yang berbeda antar wilayah kota, pinggiran, dan desa. Yaitu wilayah kota memiliki potensi resiliensi institusi dan modal sosial yang tinggi, wilayah pinggiran memiliki potensi resiliensi institusi rendah dan modal sosial sedang, dan wilayah desa berpotensi memiliki resiliensi institusi dan modal sosial yang rendah.

Kata Kunci : Resiliensi COVID-19, Kota, Pinggiran, Desa, Purworejo

×
Penulis Utama : Annisa Yulia Rianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5416004
Tahun : 2021
Judul : Analisis Faktor Resiliensi Masyarakat terhadap Bencana Covid-19 di Kabupaten Purworejo Tahun 2020 (Implementasi dalam Pembelajaran Geografi Materi Pokok Menganalisis Struktur Keruangan Desa dan Kota, Interaksi Desa dan Kota, serta Kaitannya dengan Usaha Pemerataan Pembangunan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci : Kata Kunci : Resiliensi COVID-19, Kota, Pinggiran, Desa, Purworejo
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Moh. Gamal Rindarjono, M.Si
2. Seno Budhi Ajar, S,Pd., M.Si.
Penguji : 1. Prof. Dr. Chatarina Muryani, S.Si, M.Si
2. Dr. Yasin Yusup, S.Si, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.