Penulis Utama : Mumfaidatul Khikmah
NIM / NIP : K5413048
×

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui (1) Tingkat bahaya tsunami di Kecamatan Kesugihan (2) Tingkat kesiapsiagaan masyarakat Kecamatan Kesugihan (3) Ketahanan desa dalam mengurangi risiko bencana tsunami di Kecamatan Kesugihan (4) Penganyaan bahan ajar tentang Kesiapsiagaan Masyarakat dalam menghadapi bencana tsunami di Kecamatan Kesugihan untuk pembelajaran geografi SMA kelas XI.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif spasial disertai pendekatan campuran berupa pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Populasinya yaitu  satuan lahan dan masyarakat desa Kecamatan Kesugihan. Sampel bahaya tsunami diambil seluruh satuan lahan, sedangkan untuk kesiaspsiagaan masayarakat sebanyak 100 responden yang dihasilkan dari perhitungan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi langsung dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi (1) Analisis zonasi bahaya tsunami digunakan dengan pemberian skor, bobot, dan overlay parameter karakteristik wilayah Kecamatan Kesugihan; (2) Kesiapsiagaan masyarakat dilakukan dengan perhitungan indeks perparameter dan indeks gabungan sesuai dengan nilai skor dari hasil wawancara responden tiap zona bahaya tsunami (3) Ketahanan desa, dilakukan dengan penjumlahan nilai skor hasil wawancara terstruktur yang dilakukan disetiap zona bahaya tsunami (4) Penyusunan hasil penelitian sebagai bahan pengayaan:
kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana tsunami di Kecamatan Kesugihan sebagai suplemen materi geografi pada kelas XI SMA, dilakukan dengan pembuatan media pembelajaran berdasarkan hasil penelitian kesiapsiagaan masyarakat Kecamatan kesugihan.Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Terdapat tiga kelas zona bahaya tsunami di Kecamatan Kesugihan, yaitu zonasi bahaya tsunami tinggi dengan luas wilayah 751,15 ha meliputi lima satuan lahan. Zonasi bahaya sedang dengan luas 5432,19 ha tersebar di 9 satuan lahan, dan zonasi bahaya rendah dengan luas 2908,82 ha 7 satuan lahan, 2) Kesiapsiagaan masyarakat kecamatan Kesugihan terbagi menjadi tiga kategori kesiapsiagaan yaitu siap dan
hampir siap dan kurang siap. Kesiapsiagaan siap berada pada zonasi bahaya tsunami tinggi, hampir siap pada zonasi sedang, sedangkan pada zonasi bahaya tsunami rendah
memiliki kategori kesiapsiagaan kurang siap. 3) Kecamatan Kesugihan berada pada kategori desa tangguh bencana pratama di seluruh desa. 4) Penyusunan Hasil Penelitian Sebagai Bahan Pengayaan: Kesiapsiagaan Masyarakat Dalam Menghadapi Bencana Tsunami Di Kecamatan Kesugihan Sebagai Suplemen Materi Geografi Pada Kelas XI SMA,  dilakukan dengan penyusunan hasil penelitian menjadi bahan ajar berupa Modul.

Kata Kunci : bahaya stunami, kesiapsiagaan masyarakat, ketahanan desa

 

×
Penulis Utama : Mumfaidatul Khikmah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5413048
Tahun : 2019
Judul : Kesiapsiagaan Masyarakat dan Ketahanan Pemerintah Desa dalam Menghadapi Bahaya Bencana Tsunami di Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap Tahun 2018 (Sebagai Pengayaan Bahan Ajar pada Kompetensi Dasar Menganalisis Jenis dan Penanggulangan Bencana Alam Materi Geografi SMA Kelas XI)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pendidikan Geografi-K5413048-2019
Kata Kunci : bahaya stunami, kesiapsiagaan masyarakat, ketahanan desa
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Chatarina Muryani, M.Si.,
2. Drs. Djoko Subandriyo, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.