Penulis Utama : Fachriatul Mila Putri Sutiaji
NIM / NIP : K4217033
×

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan penerapan prinsip kesantunan dalam novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti BN, penyimpangan prinsip kesantunan dalam novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti BN, dan relevansi hasil analisis penerapan dan penyimpangan prinsip kesantunan dalam novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti BN untuk materi ajar kelas VIII SMP.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif khususnya tataran pragmatik. Data berupa tuturan-tuturan berbahasa Jawa dalam novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti BN. Sumber data berupa novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti BN dan wawancara dengan penulis novel, guru bahasa Jawa kelas VIII SMP Negeri 2 Surakarta, serta perwakilan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Surakarta. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Teknik yang digunakan dalam pengumpalan data adalah analisis dokumen lan wawancara. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang menyakup empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini meliputi: Penerapan prinsip kesantunan dalam novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti BN bahwa terdapat 3 maksim kebijaksanaan, 3 maksim kedermawanan, 4 maksim penghargaan, 2 maksim kesederhanaan, 2 maksim kesederhanaan, dan 2 maksim permufakatan. Penyimpangan prinsip kesantunan dalam novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti BN bahwa terdapat 5 penyimpangan maksim kebijaksanaan, 3 penyimpangan maksim penghargaan, 2 penyimpangan maksim permufakatan, lan 4 penyimpangan maksim kesimpatian. Relevansi hasil analisis penerapan dan penyimpangan prinsip kesantunan dalam novel Alun Samudra Rasa karya Ardini Pangastuti BN ini dapat digunakan untuk alternatif materi ajar mengenai perilaku berbahasa yang santun, memahami dan menanggapi isi teks dialog dengan ragam krama kelas VIII SMP.

Kata kunci: prinsip kesantunan, tuturan, materi ajar.

 

×
Penulis Utama : Fachriatul Mila Putri Sutiaji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4217033
Tahun : 2021
Judul : Analisis Penerapan Prinsip Kesantunan Dalam Novel Alun Samudra Rasa Karya Ardini Pangastuti BN Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Kelas VIII
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4217033
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Atikah Anindyarini, S.S., M.Hum
2. Rahmat, S.S., M.A
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.