Penulis Utama : Ayusya Khoirun Nisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0316011
Tahun : 2021
Judul : Penentuan Rute Distribusi Perishable Products pada Perusahaan Agribisnis (Studi Kasus: Supplier Supermarket Area Jawa Tengah dan DIY)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik-I0316011
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pada era globalisasi saat ini, persaingan yang terjadi antar perusahaan menjadi semakin ketat. Banyaknya pilihan yang tersedia membuat pelanggan memiliki kebebasan untuk memilih supplier terbaik dalam memenuhi kebutuhan mereka. Proses distribusi yang baik sangat penting bagi setiap perusahaan, produk yang dikirimkan tepat waktu, kondisi barang yang sesuai dengan pesanan dan biaya pengiriman yang minimal harus diperhatikan oleh supplier. Salah satu variasi dari Vehicle Routing Problem (VRP) adalah Capacitated Vehicle Routing Problem with Time Windows (CVRPTW) yang mempertimbangkan kualitas produk fresh food, time windows pengiriman produk, dan waktu operasional pelayanan untuk menentukan rute distribusi yang optimal dari perusahaan menuju pelanggan sehingga dapat meminimalkan total biaya distribusi. Sebuah perusahaan agribisnis di Klaten Jawa Tengah yang memproduksi berbagai jenis sayuran dan bahan pangan untuk di-supply ke beberapa supermarket yang tersebar di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah juga sedang dihadapkan pada masalah terlalu banyak mengeluarkan anggaran untuk proses distribusi. Penelitian ini menggunakan metode exact approach integer linear programming dengan mengembangkan model CVRPTW dan memperhitungkan loss quality cost untuk perishable product, kemudian pengolahan data dilakukan dengan software IBM Ilog CPLEX versi 12.6.2 untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan rute distribusi barang yang optimal dari depot ke pelanggan dengan mempertimbangkan time windows pengantaran dan loss quality untuk perishable product untuk meminimasi total biaya pengiriman. Hasil penelitian menunjukkan rute distribusi yang optimal untuk kedua kendaraan dan minimasi total biaya pengiriman yang optimal adalah Rp. 903.900,-.

Kata Kunci: Penentuan Rute, Capacitated Vehicle Routing Problem with Time Windows, Loss Quality, Perishable Product, City Logistics

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yuniaristanto, S.T., M.T.
2. Prof. Dr. Ir. Wahyudi Sutopo., S.T., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik