Penulis Utama : Helmi Nur Anisah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S431808007
Tahun : 2021
Judul : Evaluasi Program Pemberdayaan Dana Desa di Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali (Studi Empiris Desa Temon dan Wates)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S431808007
Subyek : -
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pemahaman pengelolaan Dana Desa dalam program pemberdayaan oleh masyarakat dan perangkat desa Temon dan Wates, mencari tahu dan menjelaskan kendala yang membuat program pemberdayaan masyarakat berbasis Dana Desa di desa Temon dan Wates belum berjalan, dan mencari solusi untuk meningkatkan pemberdayaan Dana Desa di Desa Temon dan Wates.
Metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif menggunakan paradigma interpretif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian yaitu Desa Temon dan Wates Kecamatan Simo Kabupaten Boyolali. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi dengan metode wawancara, observasi, Foccus Group Discussion (FGD),  dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan redusi data,  penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pengelolaan Program Pemberdayaan Masyarakat berbasis Dana Desa belum berjalan secara maksimal. Program pemberdayaan yang berjalan masih sebatas Posyandu, PKK, dan Pelatihan pada perangkat desa masing-masing. Kendala utama yang menghambat pemberdayaan selama ini adalah program pemberdayaan belum menjadi prioritas, kurangnya kemampuan dan kemauan Sumber Daya Manusia (SDM). Maka, perlu adanya persiapan SDM secara dini dengan melaksanakan edukasi, pelatihan, dan pemaparan manfaat Dana Desa bagi seluruh lapisan masyarakat.

Kata Kunci: Dana Desa, Pemberdayaan, Pemerintah Desa

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Falikhatun, M.Si., Ak
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana