Penulis Utama : Nadia Haq Umami Nur Cahyani
NIM / NIP : K5616053
×

Tujuan penelitian ini : (1) Mengetahui dan menjelaskan kelebihan sistem pembinaan PPLOP pencak silat Jawa Tengah terhadap perkembangan prestasi pada periode 2011-2017. (2) Mengetahui dan menjelaskan kekurangan atau kelemahan yang berdampak pada prestasi PPLOP pencak silat Jawa Tengah pada tahun 2015-2021. (3) Mengetahui dan menjelaskan peluang dan tantangan PPLOP pencak silat Jawa Tengah pada tahun 2015-2021 ditinjau dari kelebihan dan kelemahan. (4)  Mengetahui dan menjelaskan langkah-langkah PPLOP pencak silat Jawa Tengah pada tahun 2015-2021 dalam rangka mengatasi ancaman yang ada.
Penelitian yang digunakan adalah jenis kualitatif. Tempat penelitian PPLOP pencak silat Jawa Tengah. Waktu penelitian bulan Mei dan Juni 2021. Metode yang digunakan analisis dokumen, observasi. Data yang digunakan adalah transkrip dokumen, informan, atlet dan pelatih. Teknik yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data menggunakan teknik analisis SWOT.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa kelebihan PPLOP pencak silat Jawa Tengah terletak pada struktur organisasi yang jelas, sarana dan prasarana lengkap, program latihan dan pembinaan prestas serta data atlet dan data prestasi atlet. Kelemahan PPLOP pencak silat Jawa Tengah terletak pada manajemen sarana dan prasarana, manajemen keuangan serta proses pembinaan atlet. Peluang PPLOP pencak silat Jawa Tengah terletak pada regenerasi atlet, pelatih yang kompeten serta kejuaran yang rutin. Sementara ancaman PPLOP pencak silat Jawa Tengah terletak pada persaingan antar PPLOP dan Provinsi lain serta kondisi mental psikologi atlet.
Strategi SO meliputi proses identifikasi bakat atlet saat rekruitmen atlet, melakukan uji coba secara rutin serta pelatih meningkatkan kemampuan kepelatihan. Strategi WO meliputi inventarisasi sarana dan prasarana, melakukan antisipasi khusus saat terjadi keterlambatan honor serta pelatih memaksimalkan proses pembinaan sejak awal rekruitmen atlet. Strategi ST meliputi pelatih memantau perkembangan kekuatan lawan, memaksimalkan program latihan, serta melakukan diklat khusus bagi atlet untuk meningkatkan mental atlet. Strategi  WT meliputi pelatih melakukan pantauan bakat di daerah, pelatih memaksimalkan sarana dan prasarana yang ada serta pelatih meminimalisir dampak keterlambatan honor agar tidak mempengaruhi mental atlet.

Kata kunci : Kelebihan, Kelemahan, Peluang, Ancaman, PPLOP pencak silat Jawa Tengah

 

×
Penulis Utama : Nadia Haq Umami Nur Cahyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5616053
Tahun : 2021
Judul : Studi Perkembangan Prestasi Atlet PPLOP Pencak Silat Jawa Tengah Tahun 2015 - 2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2021
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Keolahragaan-K5616053
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Haris Nugroho, S.Pd, M.Or
2. Dr. Satria Yudi Gontara, M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.