Penulis Utama : Halimatur Rosyidah
NIM / NIP : K1314027
×

Halimatur Rosyidah. K1314027. ANALISIS SOAL HOTS MATERI POLA BILANGAN DAN RELASI DAN FUNGSI PADA BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS VIII. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2022.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) muatan soal HOTS pada BSE Matematika kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017; (2) muatan soal HOTS pada buku Berlogika dengan Matematika kelas VIII karangan Umi Salamah terbitan Tiga Serangkai; (3) perbandingan muatan soal HOTS pada buku Matematika kelas VIII dari BSE Matematika kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 dan buku Berlogika dengan Matematika kelas VIII karangan Umi Salamah terbitan Tiga Serangkai.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian teknik analisis isi. Sumber data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah BSE Matematika kelas VIII Semester 1 Edisi Revisi 2017 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia serta buku Berlogika dengan Matematika Jilid 2 Untuk Kelas VIII SMP dan MTs karangan Umi Salamah yang diterbitkan oleh Tiga Serangkai Pustaka Mandiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dengan menggunakan instrumen yang telah divalidasi. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.

Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) muatan soal HOTS pada BSE Matematika kelas VIII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 adalah 29% dengan indikator HOTS yang muncul adalah menganalisis (C4) 76%, mengevaluasi (C5) 12 %, dan mengkreasi (C6) 12%. Dalam buku ini, terdapat soal HOTS membedakan (C4.1) sebanyak 1 soal, mengorganisasi (C4.2) sebanyak 14 soal, mengatribusi (C4.3) sebanyak 4 soal, memeriksa (C5.1) sebanyak 3 soal, mengkritisi (C5.2) sebanyak 0 soal, merumuskan (C6.1) sebanyak 1 soal, merencanakan (C6.2) sebanyak 2 soal, memproduksi (C6.3) sebanyak 0 soal; (2) muatan soal HOTS pada buku Berlogika dengan Matematika kelas VIII karangan Umi Salamah terbitan Tiga Serangkai adalah 20% dengan indikator HOTS yang muncul adalah menganalisis (C4) 72%, mengevaluasi (C5) 28 %, dan mengkreasi (C6) 0%. Dalam buku ini, terdapat soal HOTS membedakan (C4.1) sebanyak 1 soal, mengorganisasi (C4.2) sebanyak 6 soal, mengatribusi (C4.3) sebanyak 6 soal, memeriksa (C5.1) sebanyak 5 soal, mengkritisi (C5.2) sebanyak 0 soal, merumuskan (C6.1) sebanyak 0 soal, merencanakan (C6.2) sebanyak 0 soal, memproduksi (C6.3) sebanyak 0 soal; (3) muatan HOTS pada BSE persentasenya lebih besar dibandingkan muatan HOTS di buku Terbitan Tiga Serangkai, yaitu BSE sebesar 29% dan buku terbitan Tiga Serangkai sebesar 20%.  Untuk soal HOTS membedakan (C4.1), dalam BSE maupun buku terbitan Tiga Serangkai berjumlah sama yaitu 1 soal. Untuk soal HOTS mengorganisasi (C4.2), merumuskan (C6.1), dan merencanakan (C6.2) dalam BSE lebih banyak dari buku terbitan Tiga Serangkai. Untuk soal HOTS mengatribusi (C4.3) dan memeriksa (C5.1) dalam BSE lebih sedikit dari buku terbitan Tiga Serangkai. Untuk soal HOTS mengkritisi (C5.2) dan memproduksi (C6.3) dalam BSE dan buku terbitan Tiga Serangkai berjumlah sama, yaitu 0 soal.

 

×
Penulis Utama : Halimatur Rosyidah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1314027
Tahun : 2022
Judul : Analisis Soal HOTS Materi Pola Bilangan dan Relasi dan Fungsi pada Buku Teks Matematika Kelas VIII
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Analisis; Buku Teks Siswa; Soal HOTS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc.
2. Ira Kurniawati, S.Si., M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Triyanto, S.Si., M.Si.
2. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc.
3. Arum Nur Wulandari, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.