Penulis Utama : Siswanti Handayani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8219026
Tahun : 2022
Judul : Evaluasi Perkerasan Jalan Pemeliharaan dan Peningkatan dengan Metode Analisa Komponen beserta Rencana Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Karanganyar-Jumapolo, Kabupaten Karanganyar STA 0+000-2+000
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Siswanti Handayani., 2022. Evaluasi Perkerasan Jalan, Pemeliharaan dan Peningkatan, dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) beserta Rencana Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Karanganyar – Jumapolo STA 0+000 – 2+000. Tugas Akhir, Program Diploma III Teknik Sipil Transportasi, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Jalan Karanganyar – Jumapolo merupakan jalan provinsi yang menghubungkan Karanganyar kota dan Kecamatan Jumapolo. Sepanjang jalan ini telah mengalami beberapa kerusakan pada badan jalan. Hal tersebut harus segera diatasi karena mengakibatkan ketidaknyamanan dan berpotensi menimbulkan kecelakaan bagi pengendara.

Pengamatan yang dilakukan pada Jalan Karanganyar – Jumapolo sepanjang 2 Km ini bertujuan untuk melakukan penilaian kondisi jalan dengan menggunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dengan membagi jalan menjadi beberapa segmen, yaitu tiap 50 m. Dari hasil pengamatan diperoleh beberapa jenis kerusakan, kemudian melakukan penilaian sesuai dengan metode PCI. Dan selanjutnya adalah evaluasi perkerasan jalan, pemeliharaan, dan peningkatan dengan metode analisa komponen beserta Rencana Anggaran Biaya ruas jalan. Sehingga pelayanan ruas jalan tersebut meningkat dan dapat digunakan dengan baik oleh semua penguna jalan.

Dari hasil pengamatan diperoleh jenis kerusakan berupa retak kulit buaya, lubang, retak memanjang, tambalan, bergelombang, amblas, retak pinggir, pelepasan butir. Kemudian dilakukan perbaikan berdasarkan jenis kerusakan yang ada, yaitu pengisian retak, laburan aspal setempat, dan penambalan. Sesuai perhitungan volume kepadatan lalu lintas dan daya dukung tanah dilakukan perencanaan tebal lapisan ulang sesuai dengan umur rencana yaitu 10 tahun. Durasi waktu pekerjaan Jalan Karanganyar – Jumapolo adalah 8 hari. Bahan perkerasan yang digunakan adalah LASTON Ms.744. 

Kemudian dari seluruh pekerjaan diperoleh total biaya yang diperlukan dalam usaha perbaikan & peningkatan mutu pada Jalan Karanganyar – Jumapolo STA 0+000 - 2+000 tahun 2022 adalah Rp 3.323.300.000

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover.pdf
9. BAB I.pdf
10. BAB 2.pdf
11. BAB 3.pdf
12. BAB 4.pdf
13. BAB 5.pdf
14. BAB 6.pdf
14. DAFTAR PUSTAKA anti.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Agus Sumarsono, M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi