Penulis Utama : Christian Ivan Pradipta
NIM / NIP : I8719007
×

Christian Ivan Pradipta, 2022. Evaluasi Perkerasan Jalan, Pemeliharaan dan Peningkatan dengan Metode Analisa Komponen beserta Rencana Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Solo - Purwodadi, Gondangrejo Kabupaten Karanganyar STA 0+000 – 2+000. Tugas Akhir, Program Studi DIII Teknik Sipil Infrastruktur Perkotaan, Jurusan Teknik Sipil Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Ruas Jalan Solo – Purwodadi, Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu Jalan Provinsi yang menjadi penghubung antara kota – kota di Karisidenan Surakarta dengan Kota – kota di dekatnya. Jalan Solo – Purwodadi menjadi salah satu kawasan yang memiliki kepadatan lalu lintas sangat tinggi karena berada di daerah pariwisata dan industri  Sehingga volume lalu lintas meningkat, dengan keadaan seperti itu maka kualitas jalan akan mengalami kerusakan. Oleh karena itu, evaluasi dan pemeliharaan jalan sangat diperlukan agar jalan dapat berfungsi dengan baik dan tidak ada kerusakan yang dapat menyebabkan gangguan lalu lintas.

Pengamatan yang yang dilakukan pada Ruas Jalan Solo – Purwodadi, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar dengan panjang jalan 2 km dengan tujuan melakukan penilaian kondisi jalan dengan metode Pavement Condition Index (PCI) dengan membagi jalan menjadi beberapa segmen yaitu setiap 50 m. Kemudian dari setiap segmen dilakukan pengamatan dan pengukuran untuk mengidentifikasi jenis kerusakan yang ada pada Jalan Solo – Purwodadi, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. Selain itu, dilakukan juga pengamatan lalu lintas menggunakan metode LHR dan melakukan pengujian tanah dengan menggunakan Test Dinamic Cone Penetrometer (DCP).  

Setelah melakukan indentifkasi terhadap jenis kerusakan yang ada serta setelah melakukan pengamatan lalu lintas dan Test DCP, kemudian melakukan perbaikan terhadap masing – masing jenis kerusakan dan melakukan perencanaan tebal lapisan ulang dengan menggunakan metode analisis komponen. Dengan umur rencana 10 tahun dan durasi waktu pekerjaan perbaikan selama 8 hari. Bahan perkerasan yang digunakan adalah LASTON Ms. 744. Dengan tebal Overlay adalah 6 cm. Kemudian diperoleh biaya untuk perbaikan dan peningkatan mutu pada Ruas Jalan Solo - Purwodadi, Gondangrejo Kabupaten Karanganyar STA 0+000 – 2+000 sebesar Rp. 2.828.971.000,00.

×
Penulis Utama : Christian Ivan Pradipta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I8719007
Tahun : 2022
Judul : Evaluasi Perkerasan Jalan, Pemeliharaan dan Peningkatan dengan Metode Analisa Komponen beserta Rencana Anggaran Biaya (RAB) Ruas Jalan Solo – Purwodadi, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar STA 0+000 – 2+000
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-3 Teknik Sipil Infrastruktur
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pavement Condition Index (PCI), Overlay, Laston, RAB
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Djumari, M.T
Penguji : 1. Slamet Jauhari Legowo, S.T.,M.T
2. Kholis Hapsari Pratiwi, S.T.,M.T.,M.Sc
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.