Penulis Utama : Octavia Putri Kurnia Arda
NIM / NIP : D0215077
×

Octavia Putri Kurnia Arda. D0215077. 2022. Kajian NEW MEDIA Trend Bodyshowing” (Studi Kualitatif Pengaruh Trend Body Showing Di Kalangan Remaja Melalui Media Sosial Instagram, di Kota Surakarta). Skripsi Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

ABSTRACT

Trend bodyshowing merupakan kegiatan dengan sengaja menunjukan lekuk tubuh atau menonjolkan nilai- nilai sensualitas yang ada dalam diri seseorang kepada orang lain maupun kepada masyarakat. Trend bodyshowing berkembang pesat di media sosial instagram, mengingat media sosial instagram merupakan media sosial favorit dikalangan para mahasiswa. Trend bodyshowing memberikan dampak yang beragam kepada mahasiswa dan tak sedikit mahasiswa yang mengalami perubahan pola pikir serta perilaku akibat pengaruh dari trend bodyshowing ini.

Penelitian studi kualitatif ini menggunakan pendekatan SOR sebagai alat bantu menganalisis informasi yang berhubungan dengan trend bodyshowing. SOR sendiri adalah S yaitu stimulus, O yaitu organism dan R yaitu responsee. Pendekatan ini digunakan guna menentukan pengaruh yang terjadi akibat message dari stimulus trend bodyshowing yang di komunikasikan kepada komunikan.

Dalam penelitian kualitatif ini, sampel dan teknik pengambilan sampel yang gunakan adalah purposive sampling yang kemudian selanjutnya dilakukan metode indepth interview guna mendapatkan informasi yang lebih mendalam. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber yaitu dengan membandingkan atau meng- compare jawaban dari masing- masing responden sehingga didapatkan jawaban yang benar- benar detail dan spesifik.

Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah adanya pengaruh dari trend bodyshowing yang menyebabkan berubahnya pola pikir dan perilaku mahasiswa. Trend bodyshowing dapat memberikan efek sugesti, simpati dan apresiasi yang pada akhirnya mengarah pada perubahan pola pikir dan perilaku mahasiswa khususnya dalam kehidupan seks sehari- hari mahasiswa. Perubahan perilaku yang berupa penyimpangan seks dan kelainan psikologis juga merupakan akibat dari terpaan trend bodyshowing ini.

 

 

×
Penulis Utama : Octavia Putri Kurnia Arda
Penulis Tambahan : 1. Deniawan Tommy C. W, S.Sos., M.I.Kom.
2.
NIM / NIP : D0215077
Tahun : 2022
Judul : Kajian New Media Trend Bodyshowing (Studi Kualitatif Pengaruh Trend Body Showing di Kalangan Remaja Melalui Media Sosial Instagram)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2022
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : -
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Deniawan Tommy C. W, S.Sos., M.I.Kom.
Penguji : 1. Drs. Widyantoro, M. Si.
2. Firdastin Ruthnia Y, S.Sos., M.Si
3. Deniawan Tommy C. W, S.Sos., M.I.Kom.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.