Penulis Utama : Tri Nyantosani W
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S022102018
Tahun : 2022
Judul : Meta Analisis - Efektivitas Pemakaian Masker dan Menjaga Jarak Dalam Pencegahan Penularan COVID-19
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Kolasi :
Sumber : .
Subyek :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tri Nyantosani Widyawardani, S022102018. 2022. Meta-Analisis: Efektivitas Pemakaian Masker Dalam Pencegahan Penularan COVID-19. Tesis. Pembimbing I: Dr. Eti Poncorini Pamungkasari, dr., M.Pd, Pembimbing II: Prof. Bhisma Murti, dr, MPH, M.Sc, Ph.D. Surakarta. Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Program Pascasarjana, Univesitas Sebelas Maret, Surakarta.

 

AbstraK

 

Latar Belakang : Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Peningkatan jumlah kasus berlangsung cepat, dan menyebar ke berbagai negara dalam waktu singkat. Berdasar studi epidemiologi dan virologi  membuktikan bahwa COVID-19  ditularkan dari orang yang bergejala (simptomatik) ke orang lain yang berada jarak dekat melalui droplet dan aerosol. Penerapan protokol kesehatan menjadi sangat efektif dalam upaya pencegahan penularan. Pemakaian masker, menjaga jarak dan mencuci tangan  menjadi sangat penting dalam pencegahan penularan COVID-19.

Subjek dan Metode: Penelitian ini  merupakan meta-analisis dengan  menggunakan model PICO. Population: masyarakat umum (dewasa lebih dari 18 tahun), Intervensi: memakai masker dengan benar, Comparison: tidak memakai masker dengan benar, Outcome: pencegahan penularan COVID-19. Artikel yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari tiga database yaitu Google Scholar, PubMed, dan Science Direct. Kata kunci untuk mencari artikel  adalah “mask” AND “COVID-19 transmission” AND “cross sectional study”, dari tahun 2019 – 2021. Pemilihan artikel dilakukan dengan menggunakan PRISMA flow diagram. Artikel dianalisis menggunakan aplikasi Review Manager 5.3. 

Hasil: Sebanyak  9 studi kasus dari benua Afrika, Amerika dan Asia dipilih untuk tinjauan sistematis dan meta-analisis. Didapatkan hasil bahwa pemakaian masker efektif sebesar 2.10 kali dalam pencegahan penularan COVID-19 dan secara statistik signifikan (aOR 2.10, 95% CI; 1.54 hingga 2.85: p<0>

Kesimpulan: Pemakaian masker efektif dalam pencegahan penularan COVID-19

           

Keywords: mask, COVID-19 transmission, cross sectional study  

           

Correspondence:

Tri Nyantosani Widyawardani, Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Sebelas Maret. Jl. Ir. Sutami 36A, Surakarta 57126, Central Java, Indonesia. Mobile:+62811284836.Email:nyantosani@gmail.com.
<!--[endif]-->

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
BAB VI.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
HALAMAN Coverr.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eti Poncorini Pamungkasari , dr., M.Pd
2. Prof. Bhisma Murti dr., MPH.,M. Sc.,Ph.D
Catatan Umum : -
Fakultas : Pascasarjana