Kesimpulan: Hasil meta-analisis ini menyimpulkan bahwa penggunaan masker dan cuci tangan selama pandemi dapat mencegah penularan COVID-19" /> Pengaruh Penggunaan Masker Dan Cuci Tangan Terhadap Pencegahan COVID-19: Meta-Analisis Kesimpulan: Hasil meta-analisis ini menyimpulkan bahwa penggunaan masker dan cuci tangan selama pandemi dapat mencegah penularan COVID-19" />

Penulis Utama : Andi Siswanto
NIM / NIP : S022008006
×

Andi Siswanto. S022008006. 2022. Pengaruh penggunaan masker dan cuci tangan terhadap pencegahan covid-19: Meta-Analisis. Pembimbing I: Prof.  Bhisma Murti, dr., MPH, M.Sc,  Ph.D. Pembimbing II: Dr. Hanung Prasetya, S.Kp., S.Psi., MSi. Program Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Sebelas Maret.
Latar belakang: Orang yang terinfeksi virus COVID-19 dapat menularkan kepada orang lain melalui droplet dengan jarak dekat, droplet tersebut merupakan partikel yang berisi air dengan diameter >5-10 µm. Cara untuk mengurangi atau tertularnya COVID-19 dengan memakai masker dan mencuci tangan baik dengan sabun dan handsanitizer. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemakaian masker dan cuci tangan terhadap penularan COVID-19. 
Subyek dan Metode: Penelitian ini merupakan penelitian meta-analisis menggunakan pedoman flowchart PRISMA. Proses pencarian artikel dilakukan antara tahun 2020-2021 menggunakan database dari PubMed, Science direct, dan Google Schoolar. Pencarian artikel dilakukan dengan mempertimbangkan kriteria kelayakan yang didefinisikan dalam model PICO. Population= masyarakat, Intervention= menggunakan masker dan cuci tangan, Comparison= tidak menggunakan masker dan cuci tangan, Outcome= terinfeksinya COVID-19. Kata kunci yang digunakan adalah "“face mask OR wearing mask AND hand hygiene OR hand washing AND coronavirus OR covid19 OR SAR-CoV-2 AND adjusted odds ratio”. Berdasarkan database, terdapat 17 artikel yang memenuhi kriteria inklusi. Analisis dilakukan dengan menggunakan software RevMan 5.3.
Hasil: Meta-analisis dilakukan pada 17 artikel dari Bangladesh, Ethiopia, Japan, China, Australia, Yunani, Taiwan, Ghana. Hasil dari olah data menujukkan bahwa dengan menggunakan masker dapat mengurangi 0.48 kali daripada yang tidak memakai masker sama sekali, hasil tersebut secara statistik signifikan  (aOR= 0.48; CI95%= 0.31 hingga 0.76; p =0.002) dan cuci tangan dapat mengurangi 0.42 kali daripada orang yang sama sekali tidak melakukan cuci tangan baik dengan sabun ataupun handsanitizer, hasil tersebut secara statistik signifikan (aOR= 0.42; CI 95%= 0.26 hingga 0.68; p< 0>Kesimpulan: Hasil meta-analisis ini menyimpulkan bahwa penggunaan masker dan cuci tangan selama pandemi dapat mencegah penularan COVID-19

×
Penulis Utama : Andi Siswanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S022008006
Tahun : 2022
Judul : Pengaruh Penggunaan Masker Dan Cuci Tangan Terhadap Pencegahan COVID-19: Meta-Analisis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : masker, cuci tangan, COVID-19
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Bhisma Murti, dr., MPH., MSc., PhD
2. Dr. Hanung Prasetya, S.Kp., S.Psi., MSi
Penguji : 1. Dr. Sumardiyono, SKM., MKes
2. Dr. Setyo Sri Rahardjo, dr., M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.