Penulis Utama : Khomsah Nur Firdausi
NIM / NIP : K5417038
×

Khomsah Nur Firdausi. K5417038. STUDI PERUBAHAN PENGGUNAAN LAHAN DI KECAMATAN BAKI KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2009 DAN TAHUN 2020. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. 2022.

Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui perubahan penggunaan lahan dan pola persebaran penggunaan lahan di Kecamatan Baki pada tahun 2009 dan tahun 2020 (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan penggunaan lahan  di Kecamatan Baki pada tahun 2009 dan tahun 2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan metode pendekatan spasial. Populasi yang digunakan yaitu penggunaan lahan yang ada di Kecamatan Baki dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh sehingga unit analisisnya adalah seluruh desa/kelurahan di Kecamatan Baki. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui analisis data sekunder, interpretasi citra, observasi lapangan dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian yaitu dengan teknik overlay penggunaan lahan, analisis deskriptif hasil overlay peta penggunaan lahan, serta analisis deksriptif juga digunakan untuk faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan penggunaan lahan.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kecamatan Baki mengalami perubahan penggunaan lahan dari sawah menjadi penggunaan lahan lain yaitu permukiman, bangunan dan lahan terbuka. Lahan sawah berkurang sebesar 101,36 Ha, sedangkan penggunaan lahan lain diantaranya permukiman bertambah seluas 91,07 Ha, bangunan bertambah seluas 6,39 Ha, dan lahan terbuka bertambah seluas 4,18 Ha. (2) Pola persebaran perubahan penggunaan lahan yang terjadi dilihat dari hasil overlay peta penggunaan lahan Kecamatan Baki tahun 2009 dan 2020 menunjukkan pola perembetan melompat (leap frog development). (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan penggunaan lahan diantaranya merupakan pertumbuhan penduduk yang mengalami peningkatan dalam kurun waktu 11 tahun sebesar 3,40 %, kemudian faktor aksesibilitas di Kecamatan Baki yang ketersediaan jalannya telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) dengan kategori tinggi hingga sangat tinggi, dan faktor interaksi wilayah lain yang berbatasan dengan Kecamatan Baki dengan nilai interaksi terbesar yaitu Kecamatan Grogol baik untuk tahun 2009 dan 2020.

×
Penulis Utama : Khomsah Nur Firdausi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5417038
Tahun : 2022
Judul : Studi Perubahan Penggunaan Lahan di Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo Tahun 2009 dan tahun 2020
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Penggunaan Lahan, Perubahan Penggunaan Lahan, Analisis Spasial
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ahmad, M.Si
2. Rahning Utomowari, S.Si., M.Sc
Penguji : 1. Dr. Yasin Yusup, S. Si., M.Si
2. Setya Nugraha, S.Si., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.