Penulis Utama : Risang Nariwari Murti
NIM / NIP : B0118049
× ABSTRAKRisang Nariswari Murti. B0118049. 2022. Refleksi Kehidupan Masa Pandemi COVID-19 Pada tujuh guritan Karya Prembayun Miji Lestari Dalam Antologi Geguritan “Kagubet Kahanan” (Tinjauan Sosiologi Sastra). Skripsi: Jurusan Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Unviversitas Sebelas Maret Surakarta.Penelitian ini mengkaji strata norma dan refleksi kehidupan masa pandemi COVID-19 yang terdapat di dalam tujuh geguritan Karya Prembayun Miji Lestari yang dimuat dalam Antologi Geguritan “Kagubet Kahanan”. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan struktur geguritan dalam tujuh teks geguritan karya Prembayun Miji Lestari berdasarkan strata norma puisi Roman Ingarden yang meliputi lapis bunyi, lapis arti, lapis objek, lapis dunia, dan lapis metafisis; (2)mendeskripsikan latar belakang peciptaan geguritan karya Prembayun Miji Lestariyang dimuat dalam Antologi Geguritan Kagubet Kahanan; (3) mendeskripsikan refleksi kehidupan masa pandemi yang meliputi maut (kematian), cinta, tragedi, harapan, pengabdian, dan hal-hal transendental, pada tujuh geguritan karya Prembayun Miji Lestari dalam Antologi Geguritan Kagubet Kahananmenggunakan pendekatan sosiologi sastra. Bentuk penelitian pada penelitian ini yakni deskripstif kualitatif dalam metode penelitian sastra. Sumber data dalam penelitian ini adalah tujuh geguritan karya Prembayun Miji Lestari yang berada di dalam buku Antologi Geguritan Kagubet Kahanan dan pengarang yaitu Prembayun Miji Lestari. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kepustakaan, dan teknik wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis data interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan teknik penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil analisis dari penelitian ini yaitu : (1)Deskripsi yang mendalam tentang strata norma Roman Ingarden meliputi lapis bunyi, lapis arti, lapis objek, lapis dunia, dan lapis metafisis yang terdapat dalamtujuh geguritan Karya Prembayun Miji Lestari berfungsi mempermudah pemahaman pembaca tentang unsur-unsur yang membangun geguritan. (2) Deskripsi tentang latar belakang peciptaan geguritan karya Prembayun Miji Lestariyang dimuat dalam Antologi Geguritan Kagubet Kahanan dari segi pengarang. (3) Deskripsi tentang geguritan Prembayun Miji Lestari yang merupakan refleksi kehidupan dari masyarakat yang terdampak pandemi, refleksi yang ditemukan di dalam geguritan meliputi maut (kematian), cinta, tragedi, harapan, pengabdian, dan hal-hal transendental.Kata Kunci : Geguritan, Pandemi COVID-19, Refleksi Kehidupan, Strata Norma Roman Ingarden, Sosiologi Sastra.
×
Penulis Utama : Risang Nariwari Murti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0118049
Tahun : 2022
Judul : REFLEKSI KEHIDUPAN MASA PANDEMI COVID 19 PADA TUJUH GURITAN KARYA PREMBAYUN MIJI LESTARI DALAM ANTOLOGI GEGURITAN KAGUBET KAHANAN (Tinjauan Sosiologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci : Geguritan, Pandemi COVID-19, Refleksi Kehidupan, Strata Norma Roman Ingarden, Sosiologi Sastra.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Prasetyo Adi Wisnu Wibowo, S.S., M.Hum.
Penguji : 1. Prof. Sahid Teguh Widodo. S.S., M.Hum., Ph.D.
2. Dr. Supana, M.Hum.
3. Dr. Suyatno, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.