Penulis Utama : Sindi Kurnia Fitri
NIM / NIP : R0218108
×

Sindi Kurnia Fitri, R0218108, 2022. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Keselamatan Berkendara dengan Praktik Keselamatan Berkendara Pekerja di Industri Tekstil PT. Kusumaputra Santosa Karanganyar.

Latar Belakang : Kecelakaan kerja tidak hanya terjadi di lingkungan kerja, kecelakaan dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya melalui jalur yang biasa dilalui atau wajar dilalui juga termasuk dalam kecelakaan kerja. Kecelakaan lalu lintas berdasarkan karakteristik profesi paling tinggi dialami oleh karyawan swasta yaitu sebesar 60%. Berdasarkan hasil survey awal melalui kuesioner praktik keselamatan berkendara yang diberikan kepada 20 pekerja di PT. Kusumaputra Santosa Karanganyar, diketahui pekerja memiliki praktik keselamatan berkendara yang kurang baik. Praktik merupakan realisasi dari pengetahuan dan sikap yang dimiliki seseorang, sehingga dalam berkendara diperlukan pengetahuan dan sikap yang baik untuk menciptakan praktik keselamatan berkendara yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap keselamatan berkendara dengan praktik keselamatan berkendara pekerja di Industri Tekstil PT. Kusumaputra Santosa Karanganyar.

Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 88 pekerja di PT. Kusumaputra Santosa Karanganyar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner pengetahuan keselamatan berkendara, kuesioner sikap keselamatan berkendara, dan kuesioner praktik keselamatan berkendara. Teknik analisis bivariat yang digunakan yaitu uji Somers’d dan analisis multivariat yang digunakan yaitu uji regresi logistik biner.

Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 52,3% responden memiliki praktik keselamatan berkendara yang kurang baik sedangkan 47,7% responden memiliki praktik keselamatan berkendara yang baik. Berdasarkan hasil uji korelasi Somers’d, diketahui bahwa setiap variabel memiliki hubungan dengan praktik keselamatan berkendara, dimana pengetahuan keselamatan berkendara (pvalue = 0,000) dan sikap keselamatan berkendara (p-value = 0,000). Analisis multivariat menggunakan uji regresi logistik biner didapatkan hasil bahwa variabel sikap keselamatan berkendara berpengaruh 4 kali terhadap variabel praktik keselamatan berkendara.

Simpulan Penelitian : Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan sikap keselamatan berkendara dengan praktik keselamatan berkendara pekerja di Industri Tekstil PT. Kusumaputra Santosa Karanganyar. Variabel sikap keselamatan berkendara berpengaruh lebih besar terhadap variabel praktik keselamatan berkendara.

×
Penulis Utama : Sindi Kurnia Fitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0218108
Tahun : 2022
Judul : Hubungan Pengetahuan dan Sikap Keselamatan Berkendara dengan Praktik Keselamatan Berkendara Pekerja di Industri Tekstil PT. Kusumaputra Santosa Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Praktik Keselamatan Berkendara
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Reni Wijayanti, dr., M.Sc
Penguji : 1. Dr. Lusi Ismayenti, ST., M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.