Penulis Utama : Ratih Kartika Sari
NIM / NIP : R0016082
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Berdasarkan observasi langsung terdapat petugas cleaning service belum memakai alat pelindung diri lengkap saat bekerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan sikap terhadap praktik pemakaian alat pelindung diri pada petugas cleaning service di perusahaan.

Metode : Penelitian ini menggunakan metode survei analitik cross sectional. Populasi adalah seluruh petugas cleaning service di PT. Sarihusada Generasi Mahardika Jogja Factory berjumlah 30 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling dan diperoleh sampel sebesar 30 orang. Variabel terikat dalam penelitian adalah praktik pemakaian alat pelindung diri dan variabel bebas dalam penelitian ini adalah tingkat pengetahuan dan sikap petugas cleaning service. Penelitian ini menggunakan kuesioner untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan sikap serta checklist untuk menilai praktik pemakaian alat pelindung diri. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik Chi Square.

Hasil Penelitian : Uji statistik Chi Square menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengetahuan (p=0,001) dan sikap (p=0,026) terhadap praktik pemakaian alat pelindung diri.

Simpulan Penelitian : Terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dan sikap terhadap praktik pemakaian alat pelindung diri pada petugas cleaning service di PT. Sarihusada Generasi Mahardika Jogja Factory Yogyakarta. Sebaiknya perusahaan melakukan training mengenai pemakaian alat pelindung diri.

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Praktik, Alat Pelindung Dir

×
Penulis Utama : Ratih Kartika Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0016082
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Pengetahuan dan Sikap Terhadap Praktik Pemakaian Alat Pelindung Diri pada Petugas Cleaning Service di Pt. Sarihusada Generasi Mahardika Jogja Factory Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Hiperkes dan Keselamatan Kerja-R0016082-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sumardiyono, SKM, M.Kes
2. Yulia Sari, S.Si., M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.