Penulis Utama : Andika
NIM / NIP : R0218010
×

Andika, R.0218010, 2022. Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Kesiapsiagaan dalam Menghadapi Kebakaran pada Petugas Housekeeping di Hotel X Sukoharjo. Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Latar Belakang : Kebakaran merupakan kejadian yang dapat menimbulkan kerugian baik harta maupun benda dan dapat terjadi kapan saja. Sebanyak 26 kasus kebakaran hotel terjadi di sepanjang tahun 2013 sampai 2017 menurut data dari BNPB. Kesiapsiagaan dalam menghadapi kebakaran menjadi faktor penting untuk pekerja dalam menyikapi kejadian kebakaran di tempat kerja khususnya pada bangunan gedung. Kesiapsiagaan dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu pengetahuan dan juga sikap. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan pengetahuan dan sikap dengan kesiapsiagaan dalam menghadapi kebakaran pada petugas housekeeping di Hotel X Sukoharjo.

Metode : Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan crossectional. Responden penelitian diperoleh dari seluruh petugas housekeeping di Hotel X Sukoharjo sejumlah 35 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Pengukuran data pengetahuan, sikap, dan kesiapsiagaan dalam menghadapi kebakaran menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji somers’d untuk analisis bivariat dan uji regresi logistic biner untuk analisis multivariat.

Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan mayoritas responden memiliki pengetahuan dalam kategori buruk (57,1%), sikap dalam kategori buruk (51,4%), dan kesiapsiagaan dalam menghadapi kebakaran dalam kategori buruk (62,9%). Hasil uji korelasi somers’d menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan kesiapsiagaan dalam menghadapi kebakaran (p:0,679; r:0,000), dan hubungan yang signifikan antara sikap dengan kesiapsiagaan dalam menghadapi kebakaran (p:0,790; r:0,007). Hasil regresi logistik biner diperoleh bahwa pengetahuan memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan dengan sikap (OR: 23,000).

Simpulan : Ada hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan kesiapsiagaan dalam menghadapi kebakaran pada petugas housekeeping di Hotel X Sukoharjo. Pengetahuan dapat mempengaruhi 23,000 kali terhadap kesiapsiagaan dalam mengadapi kebakaran.

×
Penulis Utama : Andika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0218010
Tahun : 2022
Judul : Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Kesiapsiagaan dalam Menghadapi Kebakaran pada Petugas Housekeeping di Hotel X Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kebakaran, Kesiapsiagaan, Pengetahuan, Sikap, Petugas Housekeeping
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yeremia Rante Ada’, S.Sos, M.Kes
2. Tutug Bolet Atmojo, S.K.M., M.Si
Penguji : 1. Dr. Sumardiyono, S.KM., M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.