Penulis Utama : Vina Khayatun Nufus
NIM / NIP : K4218068
×

Vina Khayatun Nufus. K4218068. CERITA RAKYAT DI KABUPATEN TEGAL: ANALISIS UNSUR INTRINSIK, NILAI PENDIDIKAN KARAKTER, DAN PEMANFAATANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SMP, Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik dalam cerita rakyat di Kabupaten Tegal, (2) nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat di Kabupaten Tegal, (3) Pemanfaatan hasil analisis unsur intrinsik dan nilai pendidikan dalam cerita rakyat di Kabupaten Tegal dalam pembelajaran Bahasa Jawa di       SMP.    

Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis isi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah unsur intrinsik, nilai pendidikan karakter, serta pemanfaatannya dalam pembelajaran Bahasa Jawa di SMP. Sumber data yang digunakan berupa dokumen dari hasil wawancara dengan para sesepuh desa dan informan yang meliputi ahli sastra, guru Bahasa Jawa, dan siswa kelas VII SMP. Pengambilan subjek penelitian berdasarkan berbagai pertimbangan, yang pada akhirnya memilih dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara , dan analisis dokumen., sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan pada cerita rakyat di Kabupaten Tegal, cerita tersebut memiliki (1) unsur intrinsik yang lengkap meliputi tema, plot/ alur, tokoh dan penokohan, latar, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat. (2) nilai pendidikan karakter yang terdapat pada cerita rakat di Kabupaten Tegal antara lain: pada cerita rakyat Asal-usul Desa Kalimati terdapat nilai pendidikan karakter (kerja keras, peduli social, bersahabat/ komunikatif, kreatif, tanggung jawab, dan semangat perjuangan),  pada cerita rakyat Asal-usul Desa Lemahduwur terdapat nilai pendidikan karakter (religius, peduli social,bersahabat/ komunikatif),  pada cerita rakyat Asal-usul Desa Pagiyanten terdapat nilai pendidikan karakter (tanggung jawab, rasa ingin tahu, kerja keras),  pada cerita rakyat Asal-muasal Curug Putri terdapat nilai pendidikan karakter (kerja keras, tanggung jawab, bersahabat/ komunikatif, dan disiplin). (3) cerita rakyat di Kabupaten Tegal yang telah dipilih peneliti diantaranya Asal-usul Desa Kalimati, Asal-usul Desa Lemahduwur, Asal-usul Desa Pagiyanten, dan Asal-muasal Curug Purti sesuai dan relevan digunakan sebagai materi ajar dan dimanfaatkan dalam pembelajaran Bahasa Jawa di SMP Negeri 1 Adiwerna.

 

×
Penulis Utama : Vina Khayatun Nufus
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4218068
Tahun : 2022
Judul : CERITA RAKYAT DI KABUPATEN TEGAL: ANALISIS UNSUR INTRINSIK, NILAI PENDIDIKAN KARAKTER, DAN PEMANFAATANNYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA DI SMP
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : cerita rakyat, cerita rakyat di Kabupaten Tegal, nilai pendidikan karakter, materi ajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sumarwati, M.Pd.
2. Tya Restafitriana, S.Pd, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Djoko Sulaksono. S.Pd., M.Pd.
2. Favorita Kurwidaria, S.S, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.