Penulis Utama : Windhy Dyah Setyaningrum
NIM / NIP : B3219064
×

Windhy Dyah Setyningrum, B3219064. 2022. Peranan Unit Angkutan Penumpang PT KAI Daop 5 Purwokerto dalam Meningkatkan Promosi Tiket Kereta Api di Masa Pandemi COVID-19. Program Studi Diploma III Usaha Peralanan Wisata. Sekolah Vokasi. Universitas Sebelas Maret.

PT Kereta Api Indonesia merupakan perusahaan yang mengoperasikan kereta api. Kereta api sebagai transportasi umum terkena dampak pandemi COVID-19 yang mulai melanda Indonesia pada Maret 2020 karena pemerintah mengeluarkan kebijakan pembatasan sosial untuk seluruh masyarakat. Hal ini membuat PT KAI mengalami kerugian karena berkurangnya jumlah penumpang. Unit Angkutan Penumpang yang salah satunya ada di PT KAI Daop 5 Purwokerto bertanggungjawab dalam pemasaran serta mempromosikan tiket kereta api, harus bisa mendapatkan kepercayaaan pelanggan agar merasa aman dan nyaman bepergian menggunakan kereta api. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Unit Angkutan Penumpang PT KAI Daop 5 Purwokerto dalam meningkatkan promosi tiket kereta api, kendala apa saja yang dialami dalam promosi tiket kereta api di masa pandemi COVID-19, serta inovasi yang sesuai untuk membantu meningkatkan promosi tiket kereta api.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Pengambilan data ditempuh dengan melakukan observasi partisipatif di Unit Angkutan Penumpang. Teknik wawancara yang dilakukan kepada Assistant Manager Pemasaran Unit Angkutan Penumpang dan Assistant Manager Customer Care dilakukan untuk memperoleh data. Studi pustaka dilakukan untuk mendapatkan referensi berkaitan dengan peranan, pemasaran, promosi, kereta api, tiket, dan pandemi COVID-19. Serta dilakukan studi dokumen berkaitan dengan jumlah penumpang di wilayah Daop 5 Purwokerto tahun 2019 sampai dengan 2021.

Hasil dari penelitian ini mengenai promosi terkait produk yang menjadi fokus Unit Angkutan Penumpang PT KAI Daop 5 Purwokerto yaitu tiket rombongan dan tarif khusus. Perbedaan jumlah penumpang PT KAI, penumpang naik turun di stasiun wilayah Daop 5 Purwokerto dan penumpang tiket rombongan di wilayah Daop 5 Purwokerto sebelum dan saat memasuki pandemi COVID-19. Kendala yang dihadapi Unit Angkutan Penumpang dalam mempromosikan produknya. Selain itu hasil dari penelitian ini berupa inovasi yang dirasa sesuai untuk mempromosikan produk Unit Angkutan Penumpang.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu selama kurun waktu 2019, 2020, dan 2021 telah terjadi penurunan penumpang kereta api karena keadaan yang harus menyesuaikan dengan kondisi pandemi COVID-19. Selama ini perusahaan telah berusaha maksimal dalam promosi, menyesuaikan persyaratan dengan keadaan juga kebijakan pemerintah dan berusaha menghadapi beberapa kendala yang dijumpai. Inovasi yang disarankan diharapkan dapat membantu dalam meningkatkan penjualan tiket kereta api.

Kata kunci : Peranan, Promosi, Kereta Api, Tiket, Pandemi COVID-19

×
Penulis Utama : Windhy Dyah Setyaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3219064
Tahun : 2022
Judul : PERANAN UNIT ANGKUTAN PENUMPANG PT KAI DAOP 5 PURWOKERTO DALAM MENINGKATKAN PROMOSI TIKET KERETA API DI MASA PANDEMI COVID-19
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Peranan, Promosi, Kereta Api, Tiket, Pandemi COVID-19
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Amad Saeroji, S.S., M.Sc.
Penguji : 1. Amad Saeroji, S.S., M.Sc.
2. Jimmi Sandi Prasetyo, S.ST.Par., M.Sc.
3. Dr. Deria Adi Wijaya, S.ST.Par., M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.