Penulis Utama : Moris Virgiawan
NIM / NIP : S811708005
×

Penelitian  ini  bertujuan  untuk: (1) Mengetahui kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan perangkat pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Batik 2 Surakarta. (2) Mendeskripsikan prosedur pengembangan perangkat pembelajaran Bahasa Inggris berbasis kerangka kerja TPACK yang diintegrasikan dengan media Virtual Reality untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa di SMA Batik 2 Surakarta. (3) Mengukur efektivitas perangkat pembelajaran Bahasa Inggris berbasis kerangka kerja TPACK yang diintegrasikan dengan media Virtual Reality untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa di SMA Batik 2 Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadopsi model pengembangan desain Dick & carrey. Sepuluh langkah dalam model pendekatan R & D dari Dick & Carey kemudian diadaptasi dan disesuaikan dengan prosedur penelitian dan pengembangan yang akan dilaksanakan dalam penelitian ini menjadi tiga langkah utama yaitu tahap pra-pengembangan, tahap pengembangan, dan tahap uji efektivitas.
Simpulan penelitian : (1) Perlu adanya pengembangan perangkat pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Batik 2 surakarta karena pengetahuan siswa mengenai aspek aspek dasar dalam menulis masih rendah, siswa kurang mendapatkan kesempatan untuk mempraktekkan keterampilan menulis pada saat pembelajaran bahasa inggris berlangsung serta buku teks yang digunakan tidak mencakup materi khusus mengenai langkah langkah dalam menulis. (2) Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran ini dilakukan dengan mengadopsi model Dick & Carey yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan pengambangan pada penelitian ini. Prosedur pengembangan pada penelitian ini dibagi menjadi tiga tahapan utama yaitu tahap pra-pengembangan, tahap pengembangan, dan tahap uji efektifitas. Draft awal perangkat pembelajaran dikembangan setelah peneliti menyelesaikan tahap pra-pengembangan. Draft awal perangkat pembelajaran dikembangan meliputi RPP, Buku ajar, media pembelajaran dan Instrumen penilaian keterampilan menulis. Draf awal yang telah dikembangkan kemudian divalidasi dan diuji cobakan melalui ujicoba peorangan, ujicoba kelompok kecil dan ujicoba lapangan. Hasil validasi dari validator ahli, secara keseluruhan perangkat pembelajaran yang dikembangkan memperoleh skor rata-rata 4,12 yang termasuk dalam kategori baik. Sedangkan perolehan nilai rata-rata ujicoba perorangan, ujicoba kelompok kecil, dan ujicoba lapangan adalah 3,60 yang termasuk kedalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba lapangan maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak diterapkan dalam proses pembelajaran. (3) Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis TPACK yang Diintegrasikan dengan Media Virtual Reality cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan N-gain score, N-Gain score untuk kelas eksperimen  adalah 57,21% yang termasuk dalam kategori cukup efektif. Sementara untuk rata-rata N-Gain score untuk kelas kontrol adalah 23,31 % termasuk dalam kategori tidak efektif. Maka  dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis kerangka kerja TPACK yang diintegrasikan dengan media Virtual Reality cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa di SMA Batik 2 Surakarta.

Kata Kunci: TPACK, Virtual Reality, Bahasa Inggris, Keterampilan Menulis

 

×
Penulis Utama : Moris Virgiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S811708005
Tahun : 2021
Judul : Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Kerangka Kerja TPACK yang Diintegrasikan dengan Media Virtual Reality Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2021
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-S811708005
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd.
2. Prof. Dr. Leo Agung S, M,Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.