Penulis Utama : Rini Eka Prabandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4217065
Tahun : 2021
Judul : Kajian Ekologi Sastra dan Nilai Pendidikan Budi Pekerti dalam Novel Podhang Ngisep Sari Karya Hari Jumanto Serta Relevansinya Dengan Materi Ajar Bahasa Jawa di SMK
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2021
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-K4217065
Subyek : -
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik dalam novel Podhang Ngisep Sari karya Hari Jumanto; (2) aspek ekologi sastra dalam novel Podhang Ngisep Sari karya Hari Jumanto; (3) nilai pendidikan budi pekerti dalam novel Podhang Ngisep Sari karya Hari Jumanto; serta (4) relevansi novel Podhang Ngisep Sari karya Hari Jumanto sebagai materi ajar Bahasa Jawa di SMK.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian merupakan hasil analisis dokumen yaitu novel Podhang Ngisep Sari karya Hari Jumanto yang mengandung aspek ekologi sastra dan nilai pendidikan budi pekerti serta hasil wawancara yang didapatkan dari beberapa informan. Sumber data penelitian ini berupa dokumen dan informan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak, catat, dan wawancara. Uji validitas data menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan; (1) reduksi data; (2) penyajian data; (3) penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; (1) unsur intrinsik yang terkandung dalam novel Podhang Ngisep Sari karya Hari Jumanto yaitu tema, alur, tokoh dan penokohan, latar, sudut pandang, dan amanat; (2) aspek ekologis dalam novel Podhang Ngisep Sari berupa lingkungan di sekitar tokoh, interaksi tokoh dengan lingkungan, dan pengaruh interaksi tokoh dengan lingkungan di sekitarnya; (3) nilai pendidikan budi pekerti yang terkandung dalam novel Podhang Ngisep Sari karya Hari Jumanto yaitu pengabdian, sopan santun, toleransi, kedisiplinan, keikhlasan, guyup rukun, tanggung jawab, dan empan papan; serta (4) novel Podhang Ngisep Sari karya Hari Jumanto dapat dijadikan sebagai materi ajar bahasa Jawa di SMK karena relevan dengan kompetensi dasar dalam Silabus Bahasa Jawa Kurikulum 2013, bahasa yang digunakan mudah dipahami, konflik-konflik dalam novel cocok untuk siswa SMK, dan mengandung nilai pendidikan budi pekerti yang dapat diteladani juga dilakukan siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Kata Kunci: novel, ekologi sastra, nilai budi pekerti, materi ajar.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Judul.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djoko Sulaksono, S.Pd., M.Pd.
2. Kenfitria Diah Wijayanti, S.S., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP