Penulis Utama : Frannesty Estu Winahyu
NIM / NIP : S022102022
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Salah satu masalah kesehatan yang kerap dikeluhkan dalam kehidupan masyarakat adalah nyeri. Nyeri dapat mengganggu produktifitas seseorang dalam melakukan aktivitas. Di Indonesia sendiri nyeri punggung bawah atau low back pain (LBP) merupakan masalah kesehatan yang sangat umum terjadi. Penggunaan obat anti nyeri secara terus menerus akan memberikan efek ketergantungan. Dalam hal ini, tidak sedikit orang yang mengalami low back pain melakukan berbagai upaya penyembuhan selain dengan mengkonsumsi obat farmakologi, terdapat juga penanganan nonfarmakologis seperti terapi alternatif komplementer akupunktur atau akupresur, hypnotherapy, ultrasound therapy, TENS, chiropraktik, dan lain-lainnya. Terapi akupunktur merupakan salah satu perawatan komplementer yang cukup efektif dalam perawatan low back pain. Tujuan penelitian ini untuk mengestimasi besar pengaruh pemberian terapi akupunktur terhadap penurunan nyeri dan peningkatan kualitas hidup pada kasus low back pain dengan meta-analisis.
Subjek dan Metode: Penelitian ini merupakan systematic review dan meta-analisis yang menggunakan pedoman PRISMA flowchart diagram. Proses pencarian artikel dilakukan antara tahun 2006-2022 dengan menggunakan 3 database, antara lain Google Scholar, PubMed, dan Science Direct. Kata kunci yang digunakan dalam pencarian database adalah “acupuncture” AND “oswestry disability index” AND “quality of life” AND “low back pain”. Kriteria inklusi artikel full text dengan menggunakan desain studi Randomized Controlled Trial (RCT) dengan mencantumkan hasil penelitian berupa jumlah responden, nilai mean dan nilai standard deviation (SD), untuk artikel menggunakan bahasa Inggris dan Indonesia. Artikel yang telah memenuhi syarat dianalisis menggunakan aplikasi RevMan 5.3.
Hasil: Terdapat 9 artikel yang memenuhi syarat kuantitatif dan dibagi kedalam 2 kategori sesuai variable independent dengan desain desain studi Randomized Controlled Trial (RCT) yang berasal dari negara Spanyol, Australia, Korea Selatan, Brazil, Jerman dan Inggris yang dilakukan meta analisis dalam penelitian ini. Meta analisis dari 7 artikel menunjukkan hasil estimasi bahwa pemberian terapi akupunktur efektif terhadap penurunan nyeri pada pasien LBP. Pasien mengalami penurunan nyeri 0.32 unit lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak diberikan terapi akupunktur (SMD = 0.32; CI 95%= -0.46 hingga -0.17; p <0 xss=removed xss=removed p=0.006).>Kesimpulan: Terapi akupunktur efektif terhadap penurunan nyeri dan peningkatan kualitas hidup pasien LBP.
 

×
Penulis Utama : Frannesty Estu Winahyu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S022102022
Tahun : 2022
Judul : Meta-Analisis: Efektivitas Pengaruh Terapi Akupunktur terhadap Penurunan Nyeri dan Peningkatan Kualitas Hidup pada Kasus Low Back Pain
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2022
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : akupunktur, nyeri pinggang bawah, kualitas hidup, oswestry disability index, meta-analisis
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hanung Prasetya., SKp., SPsi., M.Si
2. Prof. Bhisma Murti, dr., MPH., M.Sc., Ph.D
Penguji : 1. Prof. Dr. Didik Tamtomo, dr., M.Kes., MM., PAK.,Sp.DLP
2. Dr. Argyo Demartoto, Msi
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.