Penulis Utama : Esty Agustiani
NIM / NIP : S081808003
×

ABSTRAK

Esty Agustiani. S081808003. 2022. Pengembangan Instrumen Diagnostik Four-Tier Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Dan Menganalisis Profil Keterampilan Proses Sains Pada Materi Fluida Dinamis Siswa Kelas XI MIPA SMA. Tesis. Program Magister Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan instrumen diagnostik four-tier test dalam mengidentifikasi miskonsepsi dan menganalisis profil keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA pada materi pokok Fluida Dinamis dengan karakteristik terdapat sampul, kompetensi dasar, indikator, kisi-kisi, petunjuk pengerjaan, identitas siswa, lembar soal, lembar jawab, kunci jawaban, dan pedoman penskoran; dan (2) Mengetahui bagaimana kelayakan instrumen diagnostik four-tier test dalam mengidentifikasi miskonsepsi dan menganalisis profil keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA pada materi pokok Fluida Dinamis dapat memenuhi syarat sebagai instrumen penilaian yang baik berdasarkan penilaian para ahli.

 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) melalui empat tahap yaitu: tahap pendefinisian yaitu pengumpulan data awal untuk mengetahui analisis kebutuhan, analisis peserta didik, dan analisis konsep; tahap perancangan yaitu membuat desain awal produk dengan dikonsultasikan kepada pembimbing tesis; tahap pengembangan yaitu melakukan validasi instrumen kepada ahli dan melakukan uji coba produk; dan tahap penyebaran yaitu melakukan penyebar luasan hasil penelitian berupa istrumen.

 

Hasil penelitian diperoleh bahwa instrumen yang dikembangkan yaitu Four-Tier Multiple Choice Diagnostic Test (FTMCDT) berdasarkan Keterampilan Proses Sains (KPS) memiliki kelayakan untuk digunakan sebagai instrumen penilaian untuk mengidentifikasi miskonsepsi dan menganalisis profil KPS. Berdasarkan hasil yang diperoleh pada tahap pengembangan yaitu: analisis validasi isi instrumen pada aspek materi 91,28%, konstruksi 97,84%, dan bahasa 98,46%; rata-rata persentase indikator respon siswa terhadap instrumen FTMCDT yaitu 91,25%; hasil validitas soal, reliabilitas, daya beda soal, tingkat kesukaran, dan efektifitas pengecoh terdapat 22 soal yang valid;  jumlah siswa yang mengalami miskonsepsi tertinggi ditemukan pada sub bab fluida idel (28,87%); rata-rata persentase miskonsepsi di tiga sekolah yang diteliti termasuk kategori rendah (13,42%); rata-rata persentase aspek KPS di tiga sekolah yaitu 57,43% termasuk kategori cukup; aspek KPS tertinggi yaitu aspek memprediksi sebesar 75,62% (baik) dan aspek KPS terendah yaitu aspek menganalisis sebesar 44,78% (kurang). Hasil angket respon guru pada tahap penyebaran, rata-rata persentase indikator angket adalah 86,20% dengan kategori sangat baik.

×
Penulis Utama : Esty Agustiani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S081808003
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Instrumen Diagnostik Four-Tier Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Dan Menganalisis Profil Keterampilan Proses Sains Pada Materi Fluida Dinamis Siswa Kelas XI MIPA SMA.
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-2 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : instrumen diagnostik, four-tier multiple choice, miskonsepsi, keterampilan proses sains
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://doi.org/10.15294/jpfi.v18i1.29434
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Nonoh Siti Aminah, S.Pd., M.Pd
2. Dr. Eng Risa Suryana, S.Si., M.Si
Penguji : 1. Sukarmin, S.Pd., M.Si., Ph.D
2. Dr. Elvin Yusliana Ekawati, S.Pd., M.Pd
Catatan Umum : Esty Agustiani. S081808003. 2022. Pengembangan Instrumen Diagnostik Four-Tier Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Dan Menganalisis Profil Keterampilan Proses Sains Pada Materi Fluida Dinamis Siswa Kelas XI MIPA SMA. Tesis. Program Magister Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan instrumen diagnostik four-tier test dalam mengidentifikasi miskonsepsi dan menganalisis profil keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA pada materi pokok Fluida Dinamis dengan karakteristik terdapat sampul, kompetensi dasar, indikator, kisi-kisi, petunjuk pengerjaan, identitas siswa, lembar soal, lembar jawab, kunci jawaban, dan pedoman penskoran; dan (2) Mengetahui bagaimana kelayakan instrumen diagnostik four-tier test dalam mengidentifikasi miskonsepsi dan menganalisis profil keterampilan proses sains siswa kelas XI IPA pada materi pokok Fluida Dinamis dapat memenuhi syarat sebagai instrumen penilaian yang baik berdasarkan penilaian para ahli.
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.