Penulis Utama : Vivi Novita Sari
NIM / NIP : K7617091
×

Vivi Novita Sari. K7617091. PENGARUH MOTIVASI BELANJA HEDONIS DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN IMPULSIF DENGAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Oktober 2022.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh motivasi belanja hedonis terhadap keputusan pembelian impulsif, (2) mengetahui pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian impulsif, (3) mengetahui pengaruh literasi keuangan terhadap keputusan pembelian impulsif, (4) mengetahui pengaruh literasi keuangan dalam memediasi pengaruh motivasi belanja hedonis terhadap keputusan pembelian impulsif, (5) Mengetahui pengaruh literasi keuangan dalam memediasi pengaruh promosi penjualan terhadap keputusan pembelian impulsif.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan populasi yang digunakan adalah mahasiswa Strata-1 angkatan 2017- 2021 Universitas Sebelas Maret sejumlah 395 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner/angket online. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan analisis jalur (path analysis).

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa motivasi belanja hedonis dan promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian impulsif. Kemudian literasi keuangan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keputusan pembelian impulsif. Ditemukan pula bahwa literasi keuangan mampu memediasi pengaruh motivasi belanja hedonis dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian impulsif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa literasi keuangan mampu memediasi pengaruh motivasi belanja hedonis dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian impulsif belanja online mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mahasiswa yang memiliki tingkat literasi keuangan yang baik akan berpikir rasional sebelum berbelanja, sehingga mengurangi perilaku impulsif.

×
Penulis Utama : Vivi Novita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7617091
Tahun : 2022
Judul : Pengaruh Motivasi Belanja Hedonis dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Impulsif dengan Literasi Keuangan sebagai Variabel Intervening pada Mahasiswa Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi PTN
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pembelian impulsif, motivasi belanja hedonis, promosi penjualan, literasi keuangan.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Khresna Bayu Sangka, SE., MM., Ph.D
2. Feri Setyowibowo, SE., MM., Ph.D
Penguji : 1. Dr. Sudarno, S.Pd,. M.Pd
2. Jonet Ariyanto Nugroho, SE., MM
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.