Penulis Utama : Hanif Indra Permana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M3117046
Tahun : 2022
Judul : PEMBUATAN SISTEM INFORMASI PEMBELAJARAN DAN ABSENSI BERBASIS ONLINE UNTUK SISWA SMP NEGERI 1 MOJOLABAN
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Kolasi :
Sumber :
Subyek : -
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

INTISARI

 

HANIF INDRA PERMANA. M3117046. SISTEM INFORMASI PEMBELAJARAN DAN ABSENSI BERBASIS ONLINE SMP NEGERI 1 MOJOLABAN. Diploma III Teknik Informatika Sekolah Vokasi Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juli 2022.

            Pada era globalisasi, mobilitas dan kebutuhan internet manusia sangatlah tinggi. Mulai dari pekerjaan sehari-hari di rumah, pendidikan, bahkan dunia kerja hampir semua menggunakan internet untuk mempermudah pekerjaannya. Di era pandemi, penggunaan internet menjadi lebih penting karena segala sesuatu yang biasanya dapat dilakukan dengan tatap muka berubah menjadi pertemuan virtual. Salah satu yang menjadi masalah adalah di dunia pendidikan, dimana tenaga pendidik yang biasanya dapat mengajar dan mendata jumlah peserta didik secara langsung  menjadi terhambat karena adanya pembatasan jarak di ruang tertutup sebagai upaya pencegahan penyebaran virus.  Solusi yang diberikan salah satunya adalah dengan pembuatan system informasi pembelajaran dan absensi yang berbasis online. SMPN 1 Mojolaban menjadi salah satu subjek studi kasus dalam penelitian ini, dengan melakukan pengamatan terhadap masalah yang terjadi yaitu kurang efektifnya kegiatan belajar mengajar karena adanya pandemic sehingga guru tidak dapat memberikan materi pelajaran kepada murid. Salah satu solusi yang dapat menyelesaikan permasalahan yang ada yaitu dengan cara membuat system informasi pembelajaran dan absensi berbasis online.

            Dalam pembuatan system informasi ini menggunakan metode waterfall, dimana langkah-langkah yang dilakukan yaitu dengan pengumpulan data dan analisa kebutuhan system berdasarkan studi kasus yang dilakukan, kemudian membuat desain system, pengkodean dengan bahasa pemrograman  PHP framework laravel, pengujian system untuk mengetahui jalannya system apakah dapat berjalan dengan baik atau masih ada kendala.

            Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa system informasi dan absensi berbasis online dapat memudahkan guru untuk memberikan materi dengan bantuan website yang dibuat sehingga murid dapat mengakses materi sekaligus dengan mengerjakan tugas dalam satu website yang sama, serta mengisi daftar kehadiran ketika dimulainya kelas.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN COVER.pdf
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
Daftar Pustaka.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nanang Maulana Y. S.Si., M.Cs.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi