Penulis Utama : Akbar Priagung
NIM / NIP : E0019022
×

Akbar Priagung. 2022. E0019022. Telaah Rekonstruksi Hukum Dalam Konsepsi Keadilan Restoratif Berdasarkan Peraturan Kejaksaan Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Penghentian Penuntutan (Studi Kasus Tindak Pidana Penganiayaan Oleh Tersangka WAH di Kejaksaan Negeri Purworejo). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret. 

Penelitian ini mempreskripsikan dan mengkaji permasalahan. Pertama mengenai bagaimana rekonstruksi hukum dalam konsep keadilan restoratif berdasarkan Peraturan Kejaksaan No. 15 Tahun 2020 tentang Penghentian Penuntutan. Kedua Bagaimana implementasi keadilan restoratif berdasarkan Peraturan Kejaksaan No. 15 Tahun 2020 tentang Penghentian Penuntutan dalam perkara penganiayaan oleh Tersangka WAH di Kejaksaan Negeri Purworejo. Jenis penelitian menggunakan penelitian hukum normatif. Penggunaan bahan hukum meliputi bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum menggunakan studi kepustakaan dengan cara mengumpulkan suatu data yang berhubungan dengan permasalahan yang diteliti. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kasus. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode silogisme yang menggunakan pola pikir deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep keadilan restoratif di dalam Peraturan Kejaksaan No. 15 Tahun 2020 tentang Penghentian Penuntutan merupakan rekonstruksi hukum atau pembaharuan hukum dari yang semula retributif atau pembalasan menjadi restoratif atau mendamaikan, yang mana terbatas pada kasus-kasus tertentu. Dan implementasi keadilan restoratif terhadap kasus WAH di Kejaksaan Negeri Purworejo berdasarkan Peraturan Kejaksaan No. 15 Tahun 2020 tentang Penghentian Penuntutan yaitu dengan dihentikannya proses penuntutan oleh penuntut umum setelah ada perdamaian antara tersangka dan korban, juga tersangka telah membayar kompensasi sebesar Rp. 3000.000,00 kepada korban.

×
Penulis Utama : Akbar Priagung
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0019022
Tahun : 2023
Judul : Telaah Rekonstruksi Hukum Dalam Konsepsi Keadilan Restoratif Berdasarkan Peraturan Kejaksaan Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Penghentian Penuntutan (Studi Kasus Tindak Pidana Penganiayaan Oleh Tersangka WAH di Kejaksaan Negeri Purworejo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2023
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Rekonstruksi Hukum, Keadilan Restoratif, Penghentian Penuntutan, Tindak Pidana Penganiayaan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Kristiyadi, S.H., M.Hum
Penguji : 1. Dr. Bambang Santoso, S.H., M.Hum
2. Dr. Muhammad Rustamaji, S.H., M.H.
3. Kristiyadi, S.H., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.