Penulis Utama : Tarissa Rasendriya
NIM / NIP : B0218061
×

Tarissa Rasendriya. B0218061. 2022. Pelanggaran Prinsip Kerja Sama dan Implikatur pada Tuturan Pengguna Game PUBG Mobile. Skripsi: Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana bentuk pelanggaran prinsip kerja sama pada tuturan pengguna game PUBG Mobile? dan (2) bagaimana wujud implikatur percakapan dari pelanggaran prinsip kerja sama pada tuturan pengguna game PUBG Mobile?

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk pelanggaran prinsip kerja sama pada tuturan pengguna game PUBG Mobile dan (2) mendeskripsikan wujud implikatur percakapan dari pelanggaran prinsip kerja sama pada tuturan game PUBG Mobile.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan pragmatik. Sumber data penelitian ini adalah video-video tentang PUBG Mobile yang diunggah melalui kanal YouTube oleh pembuat konten tertentu. Video yang dipilih adalah 10 video yang berasal dari video siaran langsung yang diunggah ulang. Data yang diambil berupa tuturan yang mengandung pelanggaran prinsip kerja sama. Data dikumpulkan dengan metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kontekstual. Metode penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik penyajian informal.

Hasil analisis data dalam penelitian ini meliputi (1) pada tuturan pengguna game PUBG Mobile ditemukan 151 data pelanggaran prinsip kerja sama, yaitu pelanggaran maksim kuantitas, kualitas, relevansi, dan cara, dan (2) dari pelanggaran prinsip kerja sama tersebut, ditemukan 18 bentuk implikatur. Bentuk-bentuk implikatur tersebut, yaitu implikatur menolak, implikatur penjelasan, implikatur pemberitahuan, implikatur mengalihkan pembicaraan, implikatur larangan, implikatur pemberian saran, implikatur perintah, implikatur pembelaan, implikatur pertanyaan, implikatur gurauan, implikatur sindirian, implikatur ejekan, implikatur menyombongkan diri, implikatur pujian, implikatur menantang, implikatur meyakinkan, implikatur rayuan, dan implikatur harapan.

×
Penulis Utama : Tarissa Rasendriya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0218061
Tahun : 2022
Judul : PELANGGARAN PRINSIP KERJA SAMA DAN IMPLIKATUR PADA TUTURAN PENGGUNA GAME PUBG MOBILE
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Implikatur, PUBG Mobile, pelanggaran prinsip kerja sama
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. F. X Sawardi, M.Hum.
Penguji : 1. Dr. Henry Yustanto, M.A.
2. Dr. Miftah Nugroho, M. Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.