Penulis Utama : Nurvita Eka Rizky
NIM / NIP : R0218087
×

ABSTRAK

Nurvita Eka Rizky,  R0218087, 2023, Hubungan Desain Stasiun Kerja dan Postur Kerja dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders Pada Pekerja Kantor Mal Pelayanan Publik Karanganyar, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang : Sekitar 1,71 miliar orang di seluruh dunia hidup dengan kondisi muculoskeletal. Pekerjaan kantoran yang dibantu dengan komputer merupakan pekerjaan dengan Gerakan monoton dan berulang dalam waktu yang lama sehingga berisiko terhadap keluhan musculoskeletal disorders.Ada penelitian yang menerangkan terkait adanya hubungan antara postur kerja pekerja kantoran dengan adanya keluhan musculoskeletal disorders. Mal pelayanan public karanganyar terdapat 48 pekerja yang bekerja dengan batuan komputer sehingga berisiko terhadap keluhan musculoskeletal disorders.

Metode : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan metode observasional analitik dengan pendekatan crosssectional. Responden adalah pekerja kantor Mal Pelayanan Publik Karanganyar, sejumlah 48 responden. Teknik pengambilan sampel dengan teknik total sampling. Penelitian ini menggunakan pengukuran metode RULA untuk mengukur postur kerja dan kuesioner Nordic Body Maps untuk mengukur keluhan Musculoskeletal Disorders. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi somer’d dan kendal tau c.

Hasil : Hasil penelitian pada 48 responden menunjukkan bahwa terdapat hubungan signifikan antara postur kerja terhadap keluhan Musculoskeletal Disorders pada dengan nilai p value = 0,037 dan koefisien korelasi atau r sebesar 0,285 yang termasuk dalam korelasi lemah dengan arah korelasi positif, sedangkan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara desain stasiun kerja terhadap keluhan musculoskeletal disorders.

Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara postur kerja dengan keluhan Musculoskeletal Disorders pada pekerja kantor Mal Pelayanan Publik Karanganyar, namun tidak terdapat hubungan yang signifikan antara desain stasiun kerja terhadap keluhan muskuluskeletal disorders pada pekerja kantor Mal Pelayanan Publik Karanganyar.

×
Penulis Utama : Nurvita Eka Rizky
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0218087
Tahun : 2023
Judul : Hubungan Desain Stasiun Kerja dan Postur Kerha Terhadap Keluhan Musculoskeletal Disorders pada Pekerja Kantor Mal Pelayanan Publik Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Postur Kerja, Musculoskeletal Disorders, Pekerja Kantoran
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Bachtiar Chahyadhi, S.ST., M.KKK
2. Dr. Isna Qadrijati, dr., M.Kes
Penguji : 1. Yeremia Rente Ada’, S.Sos, M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.