Penulis Utama : Devi Ratna Mayasari
NIM / NIP : S532008007
×

Latar Belakang: Anemia merupakan salah satu masalah gizi yang sering dialami oleh remaja putri. Anemia terjadi apabila kadar hemoglobin dan hematokrit dibawah normal serta dapat berpengaruh terhadap kebugaran jasmani seseorang. Jambu biji merah dan jambu kristal memiliki kandungan zat besi dan vitamin C tinggi dapat meningkatkan kadar hemoglobin, hematokrit, dan kebugaran jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian jus jambu biji merah dan jus jambu kristal tehadap kadar hemoglobin, hematokrit, dan kebugaran jasmani pada remaja putri anemia yang diberikan tablet tambah darah.

Metode: Penelitian eksperimental pre and post test control group design dengan 36 subjek dan dibagi kelompok kontrol (tablet tambah darah), P1 (tablet tambah darah + jus jambu biji merah), dan P2 (tablet tambah darah + jus jambu kristal). Jus jambu biji merah maupun jus jambu kristal diberikan 200 ml/ hari selama 30 hari. Pembuatan jus jambu menggunakan slow juicer dengan teknik cold press juice. Kadar hemoglobin, hematokrit, dan kebugaran jasmani diukur sebelum dan sesudah intervensi. Kadar hemoglobin diukur menggunakan metode cyanmethemoglobin. Kadar hematokrit diukur menggunakan metode microhematocrit centrifuge. Kebugaran jasmani diukur dengan metode Harvard Step Test. Data dianalisis menggunakan SPSS 25.0 dengan uji Paired t Test, Wilcoxon, Kruskall Wallis, dan One Way Anova.

Hasil: Kadar hemoglobin mengalami kenaikan pada kelompok kontrol 0,52±1,03 g/dL, P1 0,65±0,62 g/dL, dan P2 1,19±0,51 g/dL. Kenaikan kadar hematokrit pada kelompok kontrol 1,16±2,93%, P1 2,18±2,37%, dan P2 3,97±1,96%. Kebugaran jasmani mengalami kenaikan pada kelompok kontrol 1,84±15,86, P1 17,20±20,35, dan P2 19,69±15,58. 

Kesimpulan:  Pemberian jus jambu biji merah dan jus jambu kristal dapat meningkatkan kadar hemoglobin, hematokrit, dan kebugaran jasmani pada remaja putri anemia yang diberikan tablet tambah darah.

×
Penulis Utama : Devi Ratna Mayasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S532008007
Tahun : 2023
Judul : Pengaruh Pemberian Jus Jambu Biji Merah dan Jus Jambu Kristal Terhadap Kadar Hemoglobin, Hematokrit, dan Kebugaran Jasmani pada Remaja Putri Anemia yang Diberikan Tablet Tambah Darah
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Pascasarjana - 2023
Program Studi : S-2 Ilmu Gizi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : jus jambu biji merah, jus jambu kristal, kadar hemoglobin, kadar hematokrit, kebugaran jasmani, remaja putri anemia yang diberikan tablet tambah darah.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://e-journal.unair.ac.id/MGI/article/view/40046
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Yulia Sari, S.Si., M.Si.
2. Dr. Ratih Puspita Febrinasari, dr.M.Sc
Penguji : 1. Dr. Setyo Sri Rahardjo, dr., M.Kes.
2. Dr. Budiyanti Wiboworini, dr. M.Kes, Sp.GK
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.