Penulis Utama : Aulia Meilani
NIM / NIP : K1318011
×

Aulia Meilani. K1318011. ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIS DENGAN PEMBERIAN SCAFFOLDING PADA MATERI BARISAN DAN DERET DITINJAU DARI TINGKAT KECEMASAN MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DEPOK TAHUN AJARAN 2022/2023. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2023.


Penelitian ini bertujuan untuk  mendeskripsikan kemampuan berpikir logis matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Depok dengan tingkat kecemasan matematis tinggi, sedang, dan rendah pada materi barisan dan deret serta mendeskripsikan dampak scaffolding yang diberikan kepada siswa kelas X SMA Negeri 1 Depok pada kemampuan berpikir logis matematis siswa dengan tingkat kecemasan matematis tinggi, sedang, dan rendah pada materi barisan dan deret. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif  kualitatif. Data yang dikumpulkan adalah data tingkat kecemasan matematis, data kemampuan berpikir logis matematis dan data pemberian scaffolding yang diperoleh  dari instrumen penunjang berupa angket kecemasan matematis, tes dan wawancara berbasis tugas kemampuan berpikir logis matematis. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Depok tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes, dan wawancara berbasis tugas. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi metode. Analisis data menggunakan analisis menurut Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Siswa dengan tingkat kecemasan matematis tinggi, cukup mampu mencapai tahap klasifikasi kemampuan berpikir logis matematis pada materi barisan dan deret; siswa dengan tingkat kecemasan matematis sedang,  mampu mencapai hingga tahap menghitung kemampuan berpikir logis matematis pada materi barisan dan deret; siswa dengan tingkat kecemasan matematis rendah, mampu mencapai tahap menarik kesimpulan kemampuan berpikir logis matematis pada materi barisan dan deret; 2) Pemberian scaffolding level 2 dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis siswa.

 

×
Penulis Utama : Aulia Meilani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1318011
Tahun : 2023
Judul : Analisis Kemampuan Berpikir Logis Matematis dengan Pemberian Scaffolding pada Materi Barisan dan Deret Ditinjau dari Tingkat Kecemasan Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2022/2023
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : kemampuan berpikir logis matematis; scaffolding, barisan dan deret; kecemasan matematis.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ira Kurniawati, S.Si., M.Pd.
2. Yemi Kuswardi, S.Si., M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Triyanto, S.Si., M.Si.
2. Dyah Ratri Aryuna, S.Pd., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.