Penulis Utama : Edi Lukito
NIM / NIP : K1317020
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa dengan gaya belajar diverger, assimilator, konverger, dan akomodator dalam menyelesaikan masalah pada materi barisan dan deret di kelas XI SMA Negeri 3 Pekalongan tahun ajaran 2020/2021.

Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berasal dari siswa kelas XI MIPA 3 SMA N 3 Pekalongan dan ditentukan dengan purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah satu siswa yang dipilih dari gaya belajar diverger, dan dua siswa untuk masing-masing gaya belajar assimilator, konverger, dan akomodator. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, tes, dan wawancara. Angket yang digunakan yaitu angket gaya belajar. Tes yang digunakan yaitu tes kemampuan penalaran matematis. Teknik uji validitas data dengan menggunakan triangulasi waktu. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tipe gaya belajar diverger cenderung menyebutkan informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan benar dan lengkap, menentukan strategi penyelesaian masalah, menggunakan konsep barisan dan deret serta strategi dalam menyelesaikan masalah, menjelaskan langkah-langkah penyelesaian, menemukan jawaban, membuat simpulan dengan benar. 2) tipe gaya belajar assimilator menyebutkan informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan benar dan lengkap, menentukan strategi penyelesaian masalah, cenderung menggunakan konsep barisan dan deret serta strategi dalam menyelesaikan masalah, cenderung menjelaskan langkah-langkah penyelesaian, cenderung menemukan jawaban, cenderung membuat simpulan dengan benar. 3) tipe gaya belajar konverger menyebutkan informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan benar dan lengkap, menentukan strategi penyelesaian masalah, menggunakan konsep barisan dan deret serta strategi dalam menyelesaikan masalah, menjelaskan langkah-langkah penyelesaian, menemukan jawaban, membuat simpulan dengan benar. 4) tipe gaya belajar akomodator menyebutkan informasi yang diketahui dan ditanyakan dengan benar dan lengkap, menentukan strategi penyelesaian masalah, cenderung menggunakan konsep barisan dan deret serta strategi dalam menyelesaikan masalah, menjelaskan langkah-langkah penyelesaian, menemukan jawaban, menarik simpulan dengan benar.

×
Penulis Utama : Edi Lukito
Penulis Tambahan : 1. -
NIM / NIP : K1317020
Tahun : 2022
Judul : Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi Barisan dan Deret Ditinjau dari Gaya Belajar David Kolb Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Pekalongan Tahun Ajaran 2020/2021
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : kemampuan penalaran matematis, barisan dan deret, gaya belajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://-
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budi Usodo, M.Pd
2. Drs. Ponco Sujatmiko, M.Si
Penguji : 1. Dr. Triyanto, S.Si., M.Si
2. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si
Catatan Umum : -
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.