Penulis Utama : Pahma Pirdaus
NIM / NIP : K5617081
×

Pahma Pirdaus. K5617081 PEMBINAAN PRESTASI PADA EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMAIT BINA BANGSA SEJAHTERA BOGOR DALAM MENCETAK PEMAIN NASIONAL. Skripsi, Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2023.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1) Pembinaan prestasi yang diterapkan pada ekstrakulikuler futsal SMA IT Bina Bangsa Sejahtera Bogor,

2) Peran sekolah dalam membantu pembinaan prestasi ekstrakulikuler futsal berjalan dengan baik, 3) Program latihan yang diberikan kepada siswa ekstrakulikuler futsal SMA IT Bina Bangsa Sejahtera Bogor.

            Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek yang dijadikan sampel adalah orang-orang yang berhubungan dengan pembinaan itu sendiri, seperti pelatih, pemain, sekolah. Teknik pengambilan subjek penelitian yang digunakan adalah snowball sampling. Pengumpulan data menggunakan tiga teknik yang peneliti gunakan selama penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik triangulasi sumber dan teknik triangulasi metode merupakan teknik uji validitas data dalam penelitian ini. Analisis data kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian yang dilakukan mendapatkan data dari kepala sekolah, pelatih dan pemain bahwa, 1) Pembinaan prestasi ekstrakurikuler futsal SMAIT Bina Bangsa Sejahtera Bogor melakukan pembibitan dengan mengadakan turnamen futsal walikota cup tingkat SD, SMP dan SMA. 2) Sekolah memfasilitasi sarana dan prasarana, pelatih berlisensi nasional dan mempunyai lapangan futsal yang disediakan untuk latihan. 3) Program latihan yang di berikan yakni tiga kali dalam seminggu senin, kamis dan sabtu dengan materi latihan yang berbeda. Materi latihan meliputi latihan teknik, latihan taktik dan latihan fisik.

Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Pembinaan prestasi Ekstrakurikuler Futsal SMA IT Bina Bangsa Sejahtera Bogor telah   menerapakan pembinaan secara sistematis berdasarkan unsur-unsur dari pembinaan itu sendiri pemassalan, pembibitan, dan prestasi. 2) Peran sekolah dalam pelaksanaan pembinaan prestasi pada ekstrakurikuler futsal mempunyai peranan penting, dengan mempersiapkan dana, fasilitas, beasiswa, serta pembentukan karakter. Tanpa adanya dukungan dari sekolah sebuah ekstrakurikuler tidak akan meraih prestasi yang baik. 3) Program latihan yang berjalan dengan baik tetapi perlu meningkatkan dalam persiapan dan pembagian waktu dalam tahap program latihan yang belum tersusun dengan baik.

×
Penulis Utama : Pahma Pirdaus
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5617081
Tahun : 2023
Judul : Pembinaan Prestasi pada Ekstrakurikuler Futsal SMAIT Bina Bangsa Sejahtera Bogor dalam Mencetak Pemain Nasional
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS
Kata Kunci : Pembinaan Prestasi, Sekolah Menengah Atas (SMA), futsal, Pendidikan kepelatihan olahraga
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Bambang Wijanarko, M.Kes
2. Dr. Fadillah Umar S.Pd M.Or
Penguji : 1. Dr. Agustiyanta, M.Pd
2. Rumi Iqbal Doewes S.Pd M.Or
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.