Penulis Utama : Farhatun Fitriyana Sofa
NIM / NIP : F0219053
×

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki berbagai macam tanaman hias yang tumbuh subur. Banyaknya tanaman hias yang ada di Indonesia bisa menjadi peluang usaha bagi masyarakat Indonesia dalam menambah penghasilan bagi mereka, baik di jual di dalam negeri maupun luar negeri. Asal daerah yang terkenal dengan penjualan tanaman hias ada di Lingkungan Nglurah. Daerah tersebut merupakan salah satu lingkungan yang biasa disebut sebagai desa wisata Sewu Kembang oleh masyarakat sekitar. Peningkatan ekspor tanaman hias di Indonesia rupanya tidak sejalan dengan peningkatan jumlah sumber daya manusia yang mengerti terkait tata cara ekspor. Sehingga bisa dikatakan kompetensi sumber daya manusia yang paham perihal ekspor tanaman hias masih terbilang kurang.

Sumber daya manusia dalam sebuah kelompok desa berperan sangat penting di dalamnya. Hal ini dikarenakan mereka dapat menjadi penentu berhasil atau tidaknya sebuah desa dalam memanfaatkan segala potensi yang sudah tersedia pada desa tersebut. Maka dari itu, masyarakat Lingkungan Nglurah khususnya kelompok - kelompok tani perlu diberikan pelatihan terkait ekspor guna meningkatkan kompetensi yang dimiliki sumber daya manusia yang ada di sana. Tujuan dari adanya pelaksanaan program ini supaya masyarakat di Lingkungan Nglurah bisa mendapatkan ilmu terkait ekspor tanaman hias sehingga tidak hanya hasil budidaya tanaman hias Nglurah bisa dikenal oleh masyarakat sekitar, tetapi hingga bisa diekspor ke mancanegara.

Melihat banyaknya potensi yang dimiliki Lingkungan Nglurah, salah satunya adalah budidaya tanaman hias yang sangat beragam jenisnya. Maka dari itu, program yang cocok atau sesuai untuk dilaksanakan di Lingkungan Nglurah adalah kegiatan sosialisasi ekspor kepada masyarakat Nglurah yang telah dilaksanakan pada tanggal 04 Juli 2022. Pada tahap selanjutnya adalah memberikan pendampingan atau pelatihan secara rutin minimal seminggu sekali untuk membantu proses alur ekspor bagi para penjual tanaman hias. Hal ini perlu dilakukan agar kualitas sumber daya manusia di Lingkungan Nglurah bisa meningkat serta kompetensi mereka juga bisa meningkat melalui pelatihan ekspor tersebut. Oleh karena itu, pendampingan kepada masyarakat Nglurah perlu terus dilakukan secara rutin sampai sumber daya manusia di sana mengerti tentang ekspor serta para kelompok tani sudah bisa melakukan kegiatan ekspor tanaman hias secara mandiri.

Dengan demikian, pelaksanaan program pelatihan ekspor tanaman hias di Lingkungan Nglurah dapat membantu warga di sana dalam meningkatkan kompetensi yang dimiliki baik dari segi pengetahuan maupun keterampilannya. Namun perlu diperhatikan pula bahwa keberhasilan program ini tentunya harus didukung oleh berbagai pihak, tidak hanya warga dan kelompok tani di sana tetapi pemangku kepentingan juga berperan penting di dalamnya, seperti Dinas Perdagangan dan juga Dinas Pertanian. Sehingga dengan ini Lingkungan Nglurah dapat menjadi sebuah lingkungan yang berdaya dan berkembang karena mampu mengoptimalkan potensi yang ada serta dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya.

×
Penulis Utama : Farhatun Fitriyana Sofa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0219053
Tahun : 2023
Judul : Analisis Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Ekspor Tanaman Hias di Lingkungan Nglurah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2023
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Tanaman Hias, Ekspor, Kompetensi, Pelatihan, Sumber Daya Manusia.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Djoko Purwanto, M.BA
Penguji : 1. Dr. Mugi Harsono, S.E., M.Si
2. Heru Agustanto, S.E., M.S.M
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.