Penulis Utama : Raka Ardiyansyah Putra
NIM / NIP : V1620084
×

ABSTRAK
ANALISIS PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA PADA KOPERASI YANG DILAKSANAKAN OLEH DINAS KOPERASI UKM DAN PERDAGANGAN KABUPATEN KLATEN
Raka Ardiyansyah Putra
V1620084
Pelatihan sumber daya manusia koperasi akan mempengaruhi terhadap keberlangsungan kegiatan koperasi. Pelatihan koperasi yang efektif diyakini dapat memberikan pengaruh terhadap peningkatan produktivitas serta mampu untuk memenuhi tujuan bisnis yang yelah ditentukan. Pada akhirnya, koperasi akan memiliki kemampuan untuk terus bersaing yang akan mempengaruhi kontribusi ekonominya. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengnalisis pelatihan sumber daya manusia pada koperasi yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kabupaten Klaten. Objek penelitian ini berlokasi di Jl. Pemuda No.220, Pondok, Klaten, Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57411.
Desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus yang menggunakan metode deskriptif dengan cara mendeskripsikan data dari wawancara mendalam terhadap subjek penelitian untuk menguraikan data yang bersangkutan dengan situasi yang sedang terjadi di Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kabupaten Klaten. Sehingga dapat dijelaskan upaya dan solusi dari kendala pelaksanaan kegiatan pelatihan sumber daya manusia koperasi.
Hasil penelitian dapat diketahui bahwa mekanisme pelaksanaan pelatihan sumber daya manusia koperasi yang dijalankan oleh Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Kabupaten Klaten sudah dilaksanakan dengan baik. Namun, dalam pelaksanaanya masih terdapat beberapa hambatan yang perlu diperbaiki. Baik berupa anggaran yang terbatas, tempat pelaksanaan pelatihan koperasi yang terbatas, kurangnya antusiasme peserta pelatihan, peserta pelatihan mayoritas usia tua, terbatasnya narasumbe dari internal, serta panitia penyelenggara pelatihan yang terbatas.
Berdasarkan hasil pembahasan tersebut, bahwa Dinas Koperaasi, UKM, dan Perdagangan telah mempunyai solusi terhadap hambatan yang dapat digunakan untuk kegiatan pelatihan di tahun berikutnya. Dalam pelaksanaan pelatihan selanjutnya DKUKMP bisa menggunakan opsi untuk mengadakan pelatihan secara online, menambah opsi tempat pelatihan, meningkatkan partisipasi dan motivasi peserta pelatihan, menyesuaikan model pelatihan dengan kebutuhan peserta, memperbanyak opsi narasumber pelatihan koperasi, serta memperbanyak jumlah penyelenggara pelatihan.
Kata kunci : Pelatihan Sumber Daya Manusia, Koperasi

×
Penulis Utama : Raka Ardiyansyah Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V1620084
Tahun : 2023
Judul : ANALISIS PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA KOPERASI YANG DILAKSANAKAN OLEH DINAS KOPERASI UKM DAN PERDAGANGAN KABUPATEN KLATEN
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Sekolah Vokasi - 2023
Program Studi : D-3 Manajemen Bisnis
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA, KOPERASI
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. VIVIN SULISTYOWATI S.E., M.M.
Penguji : 1. AGUSTIN AMBOROWATI, S.M.B., M.M.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.