Penulis Utama : Muhammad Roky Marciano
NIM / NIP : O0218069
×

ABSTRAK

Muhammad Roky Marciano. O0218069. HUBUNGAN INTIMASI PELATIH-ATLET DAN EFIKASI DIRI TERHADAP KECEMASAN BERTANDING PADA ATLET RADEN MAS SAID PETANQUE CLUB KARANGANYAR.Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2023.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Hubungan antara Intimasi pelatih-atlet terhadap kecemasan bertanding pada Atlet Raden Mas Said Petanque Club Karanganyar. 2). Hubungan antara efikasi diri terhadap kecemasan bertanding pada Atlet Raden Mas Said Petanque Club Karanganyar. 3). Hubungan antara Intimasi Pelatih-Atlet dan Efikasi Diri terhadap Kecemasan Bertanding pada Atlet Raden Mas Said Petanque Club Karanganyar.

            penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Penelitian dilaksanakan di lapangan petanque Komplek Olahraga Raden Mas Said, Karanganyar. Populasi di dalam penelitian ini berjumlah 21 atlet. Dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh, dimana seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel, Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 21 atlet Raden Mas Said Petanque Club karanganyar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan 3 jenis skala psikologi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Pearson Product Moment.

Hasil dari penelitian ini adalah 1) Diperoleh hubungan yang signifikan dengan arah negatif antara intimasi pelatih-atlet terhadap kecemasan bertanding dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,003 < 0>Pearson Correlation sebesar -0,623> 0,433 dari R tabel N21. 2) Dihasilkanhubungan yang signifikan dengan arah negatif antara efikasi diri terhadap kecemasan bertanding dengan nilaiSig. (2-tailed) adalah 0,004 < 0>Pearson Correlation sebesar -0,607> 0,433 dari r tabel N21. 3) Diperoleh hubungan secara Bersama-sama antara Intimasi pelatih-atlet dan efikasi diri terhadap kecemsan bertanding dengan nilai F change sebesar 0,002 atau <0>level of significance . hal tersebut menunjukkan bahwa variabel X1 dan variabel X2 memiliki korelasi hubungan secara signifikan dengan variabel Y. sedangkan  keeratan hubungan dilihat melalui score Ryaitu sebesar 0.702> 0,433 dari r tabel N21, yang menandakan keeratan hubungan variabel ini adalah kuat.

Simpulan 1) ada hubungan yang kuat dengan arah negatif antara intimasi pelatih-atlet terhadap kecemasan bertanding. 2) ada hubungan kuat dengan arah yang negative antara efikasi diri terhadap kecemasan bertanding. 3) ada hubungan kuat  antara intimasi pelatih atlet dan efikasi diri terhadap kecemasan bertanding Atlet Raden Mas Said Petanque Club Karanganyar.

 

×
Penulis Utama : Muhammad Roky Marciano
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : O0218069
Tahun : 2023
Judul : Hubungan Intimasi Pelatih-atlet dan Efikasi Diri Terhadap Kecemasan Bertanding pada Atlet Raden Mas Said Petanque Club Karanganyar
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. Keolahragaan - 2023
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS
Kata Kunci : Kata Kunci:Intimasi pelatih-atlet, efikasi diri, kecemasan bertanding
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Febriani Fajar Ekawati, S,Pd., M.Or., Ph.D.
2. Dr. Fadilah Umar, S,Pd., M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.