Penulis Utama : Aisyah Ninda Paraswati
NIM / NIP : F0219005
×

Leadership Development Program Executive Sharing (X-SHARE) merupakan program pengembangan kepemimpinan karyawan yang diselenggarakan oleh YKBUT Learning Center (YLC) sebagai pusat pengembangan karyawan di Yayasan Karya Bakti United Tractors (YKBUT). Program Executive Sharing (X-SHARE) menjadi salah satu development program yang bertujuan untuk mengembangkan leadership competency dan culture seluruh staff YKBUT Group sesuai dengan golongan atau level jabatannya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penyelenggaraan Leadership Development Program Executive Sharing (X-SHARE) dan mengetahui efektivitas program tersebut bagi pengembangan karyawan.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan model evaluasi Kirkpatrick pada level satu (reaksi), level dua (pembelajaran), dan level tiga (perilaku) serta evaluasi tren tingkat partisipasi. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, studi dokumentasi dan wawancara dengan beberapa peserta program yang memenuhi kriteria dan dianggap mengetahui seluruh informasi berkaitan dengan program serta salah satu panitia program.

Secara keseluruhan, hasil evaluasi dari aspek reaksi, pembelajaran dan perubahan perilaku menunjukkan hasil yang cukup baik dibuktikan dari form feedback peserta, hasil kuis post test, dan hasil wawancara yang menyatakan bahwa peserta memperoleh manfaat dari program Executive Sharing (X-SHARE) seperti peningkatan pengetahuan baru dan keterampilan soft skill. Namun dalam pelaksanaannya, terdapat beberapa hal yang membuat program ini menjadi kurang optimal. Hal ini bisa dilihat dari evaluasi pada penugasan post activity implementasi di tempat kerja dan tren tingkat partisipasi yang menunjukkan hasil yang belum cukup memuaskan disebabkan karena faktor target peserta yang kurang sesuai, sistem penugasan, dan faktor dari karyawan. Hal ini mengindikasikan bahwa program Executive Sharing (X-SHARE) cukup efektif bagi pengembangan karyawan namun dalam pelaksanaannya perlu adanya tindak lanjut untuk perbaikan dan pengembangan program sehingga program dapat lebih efektif.

 

×
Penulis Utama : Aisyah Ninda Paraswati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0219005
Tahun : 2023
Judul : Evaluasi Efektivitas Leadership Development Program Executive Sharing (X-SHARE) pada Yayasan Karya Bakti United Tractors (YKBUT)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2023
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Evaluasi, Leadership Development Program, Executive Sharing (X-SHARE)
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yeni Fajariyanti S.E., M.Si
Penguji : 1. Prof. Dr. Hunik Sri Runing Sawitri M.Si
2. Dr. Sinto Sunaryo S.E., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.