Penulis Utama : Nurfitria Difanti
NIM / NIP : B0219046
×

Nurfitria Difanti. B0219046. 2023. Tindak Tutur Direktif dan Strategi Kesantunan dalam Acara In Frame di Kanal YouTube Hahaha Tv. Skripsi: Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Penelitian ini membahas permasalahan (1) jenis tindak tutur direktif apa saja yang terdapat pada acara In Frame di kanal YouTube Hahaha Tv? dan (2) bagaimana penggunaan strategi kesantunan tindak tutur direktif yang terdapat pada acara In Frame di kanal YouTube Hahaha Tv?

Tujuan penelitian ini adalah (1) menyebutkan dan mendeskripsikan jenis subtindak tutur direktif pada acara In Frame kanal Youtube Hahaha Tv dan (2) mendeskripsikan penggunaan strategi kesantunan tindak tutur direktif pada acara In Frame kanal YouTube Hahaha Tv.

Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif dengan sifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik. Sumber data pada penelitian ini yaitu video dalam acara In Frame di kanal YouTube Hahaha Tv. Episode yang digunakan dalam penelitian ini dikhususkan pada delapan episode dengan narasumber yang berbeda rentan usia dan memiliki pekerjaan yang berbeda di bidang perfilman. Data yang digunakan yaitu tuturan tindak tutur direktif dan strategi kesantunan. Data dikumpulkan dengan metode simak dengan teknik lanjutan simak bebas libat cakap dan teknik catat. Pada penelitian ini menggunakan metode kontekstual sebagai metode menganalisis data. Penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik penyajian informal.

Hasil analisis data dalam penelitian ini yaitu (1) ditemukan sebelas tindak tutur direktif, meliputi tindak tutur meminta; tindak tutur bertanya; tindak tutur mendesak; tindak tutur mengharuskan; tindak tutur menyuruh; tindak tutur mengizinkan; tindak tutur melarang; tindak tutur menyarankan; tindak tutur menasihati; tindak tutur memohon; dan tindak tutur berdoa. Berikutnya, (2) ditemukan empat penggunaan strategi kesantunan, meliputi strategi terus terang; strategi kesantunan positif; strategi kesantunan negatif; dan strategi samar-samar. Selain itu juga ditemukan tiga macam gabungan strategi kesantunan, meliputi gabungan antarstrategi kesantunan positif; gabungan antarstrategi kesantunan negatif, serta kombinasi strategi kesantunan positif dan strategi kesantunan negatif.

×
Penulis Utama : Nurfitria Difanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0219046
Tahun : 2023
Judul : Tindak Tutur Direktif dan Strategi Kesantunan dalam Acara In Frame di Kanal YouTube Hahaha Tv
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : tindak tutur direktif, strategi kesantunan, film
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Henry Yustanto, M.A.
Penguji : 1. Dr. Henry Yustanto, M.A.
2. Dr. Miftah Nugroho, M.Hum.
3. Dr. FX. Sawardi, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.