Penulis Utama : Ringga Nur Fitria
NIM / NIP : B0218055
×

Ringga Nur Fitria. B0218055. 2022. “Tindak Tutur Direktif dan Strategi Kesantunan pada Siniar ‘Ngobrol Sore Semaunya (NSS)’ dalam Kanal YouTube CXO Media. Skripsi: Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah: (i) Bagaimana realisasi tindak tutur direktif pada Siniar “Ngobrol Sore Semaunya (NSS)” dalam Kanal YouTube CXO Media?, dan (ii) Bagaimana strategi kesantunan dari tindak tutur direktif pada Siniar “Ngobrol Sore Semaunya (NSS)” dalam kanal YouTube CXO Media?

Tujuan dari penelitian ini, yakni: (i) Mendeskripsikan realisasi tindak tutur direktif pada Siniar “Ngobrol Sore Semaunya (NSS)” dalam kanal YouTube CXO Media, dan (ii) Mendeskripsikan strategi kesantunan dari tindak tutur direktif pada Siniar “Ngobrol Sore Semaunya (NSS)” dalam kanal YouTube CXO Media.

Data pada penelitian ini berupa tuturan yang mengandung tindak tutur direktif dan strategi kesantunan pada Siniar “Ngobrol Sore Semaunya (NSS)”. Adapun sumber data penelitian ini yakni Siniar “Ngobrol Sore Semaunya (NSS)” pada Kanal YouTube CXO Media. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data dikumpulkan dengan metode simak dengan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan adalah metode kontekstual. Selanjutnya metode penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik penyajian informal.

Hasil analisis data dalam penelitian ini adalah: (i) Ditemukan tindak tutur direktif sebanyak delapan tindak tutur, yang meliputi tindak tutur menyuruh; tindak tutur meminta; tindak tutur menyarankan; tindak tutur memperingatkan; tindak tutur bertanya; tindak tutur berdoa; tindak tutur melarang; dan tindak tutur mengizinkan, dan (ii) Ditemukan empat penggunaan strategi kesantunan, yang meliputi strategi tanpa basa-basi; strategi kesantunan positif; strategi kesantunan negatif; dan strategi samar-samar. Selain itu, ditemukan pula gabungan antarstrategi kesantunan positif; gabungan antarstrategi kesantunan negatif; dan kombinasi strategi kesantunan positif dan strategi kesantunan negatif. 

×
Penulis Utama : Ringga Nur Fitria
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0218055
Tahun : 2022
Judul : Tindak Tutur Direktif dan Strategi Kesantunan pada Siniar ‘Ngobrol Sore Semaunya (NSS)’ dalam Kanal YouTube CXO Media
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2022
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : tindak tutur direktif, strategi kesantunan, Ngobrol Sore Semaunya
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Miftah Nugroho, M. Hum.
Penguji : 1. Dr. F X Sawardi, M. Hum.
2. Dr. Hanifullah Syukri, M. Hum.
3. Dr. Miftah Nugroho, M. Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.