Penulis Utama : Lilik Nuzuliana
NIM / NIP : B0219033
×

Lilik Nuzuliana. B0219033. 2023. “Tindak Tutur Direktif dan Strategi Kesantunan dalam Siniar MALING ‘Mamat Keliling’ pada Kanal YouTube HAS Creative”. Skripsi: Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Permasalahan yang dianalisis dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana realisasi tindak tutur direktif pada siniar MALING ‘Mamat Keliling’ di kanal YouTube HAS Creative? dan (2) bagaimana strategi kesantunan dari tindak tutur direktif pada siniar MALING ‘Mamat Keliling’ di kanal YouTube HAS Creative?. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan realisasi tindak tutur direktif pada siniar MALING ‘Mamat Keliling’ di kanal YouTube HAS Creative dan (2) mendeskripsikan strategi kesantunan dari tindak tutur direktif pada siniar MALING ‘Mamat Keliling’ di kanal YouTube HAS Creative.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang berbentuk deskriptif dan menggunakan pendekatan pragmatik. Sumber data penelitian ini adalah siniar MALING ‘Mamat Keliling’ edisi Januari-November 2022 di kanal YouTube HAS Creative. Data yang dianalisis berupa dialog antara pembawa acara dan narasumber yang mengandung tindak tutur direktif dan strategi kesantunan. Penelitian ini menggunakan metode simak dan teknik catat untuk menyediakan data, serta metode analisis kontekstual untuk menganalisis data. Metode penyajian analisis data dalam penelitian ini adalah berbentuk uraian.

Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, hasil penelitian ini adalah tindak tutur direktif dan strategi kesantunan pada tindak tutur direktif yang terdapat di dalam siniar MALING ‘Mamat Keliling’ meliputi (1) ditemukan sebanyak sembilan tindak tutur direktif, yaitu tindak tutur menyuruh, tindak tutur meminta, tindak tutur melarangtindak tutur bertanya,  dan tindak tutur berdoa yang paling banyak diujarkan oleh Mamat Alkatiri. Lalu, terdapat tindak tutur menuntut dan tindak tutur memperingatkan yang hanya diujarkan oleh Ferry Irwandi, tindak tutur menyarankan yang paling banyak diujarkan oleh Putra Aji Adhari, serta tindak tutur mengizinkan yang hanya diujarkan oleh Bene Dion.

Berikutnya, (2) ditemukan sembilan strategi kesantunan pada tindak tutur direktif, yaitu strategi tanpa basa-basi, strategi kesantunan negatif, dan strategi samar-samar yang paling banyak diujarkan oleh Mamat Alkatiri. Lalu, terdapat strategi kesantunan positif yang paling banyak diujarkan oleh Ferry Irwandi. Selain itu, ditemukan juga gabungan antarstrategi kesantunan positif yang hanya diujarkan oleh Ferry Irwandi, gabungan antarstrategi kesantunan negatif yang hanya diujarkan oleh Mamat Alkatiri, kombinasi strategi kesantunan positif dan strategi kesantunan negatif yang diujarkan oleh Mamat Alkatiri dan Nowela Mikhelia, kombinasi strategi kesantunan positif dan strategi samar-samar yang hanya diujarkan oleh Putra Aji Adhari, dan kombinasi strategi kesantunan negatif dan strategi samar-samar yang hanya diujarkan oleh Mamat Alkatiri.

 

Kata Kunci: tindak tutur direktif, strategi kesantunan, Mamat Keliling

×
Penulis Utama : Lilik Nuzuliana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0219033
Tahun : 2023
Judul : TINDAK TUTUR DIREKTIF DAN STRATEGI KESANTUNAN DALAM SINIAR MALING ‘MAMAT KELILING’ PADA KANAL YOUTUBE HAS CREATIVE
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2023
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : tindak tutur direktif, strategi kesantunan, Mamat Keliling
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Miftah Nugroho, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.